Home ::: Berita Perpustakaan ::: Lakukan Kegiatan Positif dengan Membaca Buku
Ilustrasi

Lakukan Kegiatan Positif dengan Membaca Buku

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Lakukan Kegiatan Positif dengan Membaca Buku.

Dunia Perpustakaan | Dinas Pendidikan (Disdik) Berau mengimbau kepada semua siswa agar mengisi waktu libur Ramadan dan lebaran dengan membaca buku di rumah maupun di perpustakaan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen), Suyanty, mengatakan, libur panjang siswa diimbau untuk melakukan hal positif, seperti membaca buku ataupun memperkuat ilmu atau pengetahuan agamanya.

“Daripada keluyuran tidak jelas, kebut-kebutan di jalan, lebih baik mereka membaca di rumah atau di perpustakaan. Sebab hal seperti ini sangat positif dan akan bermanfaat pada saat masuk sekolah nanti,” ujarnya.

Dikatakannya, keberadaan perpustakaan sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan kebudayaan. Sehingga harus dimanfaatkan para siswa dalam mengisi waktu selama libur panjang. Ia jua berharap agar pihak perpustakaan memberi layanan kepada masyarakat untuk meningkatkan gemar membaca.

“Sehubungan dengan hal tersebut, diimbau kepada seluruh pelajar untuk memanfaatkan berbagai layanan perpustakaan umum dan taman baca masyarakat untuk mengisi waktu luang. Walaupun sekolah libur, tapi perpustakaan umum tetap buka. Sehingga siswa bisa datang untuk membaca buku sambil menunggu waktu berbuka,’ jelas Suyanty.

Menurutnya, dengan rajin dan banyak membaca, selain untuk melatih kemampuan memori dan daya pikir otak untuk bekerja secara maksimal, juga akan membuat seseorang semakin percaya diri dalam pergaulan sehari-hari.

Ada banyak manfaat dengan rajin membaca. Bila dikaitkan dengan bercerita sangat erat kaitannya. Karena, seseorang hanya dapat bercerita dan menceritakan sesuatu berawal dari kemampuannya membaca dan mengolah kata yang kemudian melahirkan sebuah cerita menarik dan bermanfaat bagi orang lain.

Dikutip dari prokal.co, [29/06/16]. “Kebiasaan membaca sangat penting dan akan berguna sekali demi masa depan anak didik,” katanya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar