Home / Berita Perpustakaan / LP Nusakambangan Kini Miliki Fasilitas Perpustakaan
Inilah perpustakaan di LP Nusakambangan Cilacap |gambar: Radar Banyumas

LP Nusakambangan Kini Miliki Fasilitas Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

LP Nusakambangan Kini Miliki Fasilitas Perpustakaan!

Dunia Perpustakaan | Sebenarnya di beebrapa lapas memang sudah ada yang menyediakan fasilitas perpustakaan. Namun jika lapas yang dimaksud adalah lapas di Nusakambangan, tentunya ini barusaja kita dengar.

Hal ini dikarenakan selama ini yang namanya Penjara Nusakambangan itu dikenal sebagai tempat yang mengerikan karena banyaknya tahanan-tahanan kelas kakap ada disini.

Namun ada kabar baiknya dikarenakan baru-baru ini lapas yang selama ini dikenal angker kini lebih humanis. Tak lain karena ada perpustakaan baru di Lapas Batu Nusakambangan bernama Dinamika Aksara.

Perpustakaan baru diresmikan, Kamis (27/4), dalam rangkaaian acara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke 53. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita. 

Kepala Lapas Batu Nusakambangan Abdul Aris mengatakan perpustakaan ini untuk memberikan kebebasan berinspirasi kepada warga binaan karena melihat terbatasnya ruang gerak.

“Perpustakaan ini bisa menjadikan mereka luar biasa walaupun berada di tempat terbatas. Kreatif itu tidak terbatas,” kata Abdul Aris seperti duniaperpustakaan.com kutip dari Radar Banyumas [28/4/2017].

Dia menambahkan, bangunan perpustakaan merupakan bangunan lama yang luasnya kurang lebih hanya 5×6 meter persegi. Jumlah buku kurang lebih mencapai 500.

“Terdiri dari semua buku. Dari hukum, ketrampilan, agama, maupun pengetahuan umum lainnya juga ada,” kata dia. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap adanya perpustakaan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin bagi warga binaan.

“Agar bisa memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya walupun terbatas ruang geraknya,” katanya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Supriyanto mengapresiasi kreativitas LP Nusakambangan khususnya Lapas Batu.

“Karena moto diperpustakaan itu adalah terbang setinggi-tinggi menembus awan, dan itu wajib dilakukan oleh siapapun termasuk warga binaan,” katanya.

Peringatan Hari Bakti Pemasyarakat diikuti ratusan petugas lapas dan juga jajaran Forkominda Cilacap. Sementara itu, 10 narapidana menjadi peserta terpilih lomba membatik di Lapas Kendal. Mereka diberangkatkan Kamis, (27/4) dari Dermaga Sodong.

Kesepuluh napi akan dititipkan di Lapas Kendal selama mengikuti kegiatan lomba dalam rangka HUT Lapas yang ke 53 yang rencanannya akan dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

“Yang dipilih dari pihak Lapas Narkotik Nusakambangan adalah napi yang akan bebas dengan masa hukuman kurang dari setahun,” kata Kapolres Cilacap AKBP Yudo Hermanto SIK melalui Kapolsubsektor Nusakambangan Ipda Siswanto SH.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *