Home / Berita Perpustakaan / Mahasiswa UMN Ciptakan Aplikasi Cara Cepat Cari Buku di Perpustakaan

Mahasiswa UMN Ciptakan Aplikasi Cara Cepat Cari Buku di Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Mahasiswa UMN Ciptakan Aplikasi Cara Cepat Cari Buku di Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Untuk mencari koleksi buku di perpustakaan kampus, kini tak hanya dengan kunjungan langsung tetapi juga dapat melalui mobile apps ‘UMN Library Catalog’. Aplikasi yang merupakan hasil karya Albert mahasiswa Teknik Informatika, 2012 ini dapat diunduh oleh pengguna android.

Aplikasi berbasis text mining ini merupakan proyek pengembangan dari sistem sebelumnya, yang masih belum dapat dioperasikan secara optimal sekaligus menjadi tugas akhir Albert di program studi Teknik Informatika. Dengan menggunakan algoritma dan environment yang berbeda, Albert kemudian menciptakan sistem yang lebih praktis dan dapat diakses melalui ponsel.

“Selama ini mahasiswa masih belum banyak yang tau mengenai sistem pencarian yang terdahulu, maka dari itu saya tertantang untuk mengembangkannya lagi,” ucap mahasiswa dengan peminatan database oracle tersebut.

Dilansir dari laman umn.ac.id, dengan ‘UMN Library Catalog’ ini user dapat mengetik judul buku yang diinginkan, kemudian mesin pencari akan menyediakan detail informasi buku meliputi nama pengarang, tahun terbit, bahasa, jumlah halaman, termasuk jumlah buku di perpustakaan dan jumlah buku yang tersedia.

Orisa Mahardhini selaku Library Superintendent mengungkapkan kepuasannya terhadap aplikasi tersebut. “Meskipun sederhana, tetapi membantu user dalam mencari buku dengan tidak harus datang ke perpustakaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Orisa berkeinginan agar fitur dalam aplikasi tersebut untuk terus diupdate. “Supaya dapat dikembangkan ke menu-menu lainnya seperti akun peminjaman, di mana user bisa melihat status dan jumlah peminjamannya, tanggal kembali buku serta informasi mengenai kegiatan perpustakaan,” ungkapnya.

Bagi para pengguna Android, Anda dapat langsung mengunduhnya secara gratis di Play Store.  (tangselpos.co.id)

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar