Home / Berita Perpustakaan / Melihat Lebih Dekat Perpustakaan Pribadi Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie

Melihat Lebih Dekat Perpustakaan Pribadi Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Melihat Lebih Dekat Perpustakaan Pribadi Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie.

Dunia Perpustakaan | Penasaran seperti apa perpustakaan Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie? Pastinya nyaman dan tenang. Inilah kesan yang didapat saat pertama kali masuk ke ruang perpustakaan pribadi mantan Presiden RI BJ Habibie.

Hobi Profesor BJ Habibie membaca buku memang patut dijadikan teladan, sebab ia mempunyai perpustakaan pribadi yang unik dan menarik.

BJ Habibie memang memberikan ruang khusus untuk menaruh koleksi bukunya di rumahnya di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan.

Ruang perpustakaan tersebut berukuran sekitar 8 x 17 meter. Bentuk perpustakaan di rumah Habibie sangat memanjakan mata para pecinta buku untuk betah berlama-lama membaca di sana.

Mengutip dari tribunnews.com, [19/08/16]. Ornamen kayu dominan berwarna cokelat, serta sebuah tangga meliuk dan pegangan besi berkelir emas untuk ke tingkat dua, menghadirkan harmoni di perpustakaan bernama ‘Perpustakaan Habibie & Ainun’ itu.

Deretan buku beragam ukuran dan ketebalan tertata rapi, menandakan sang pemilik sangat memperhatikan dan mencintai buku.

Perpustakaan Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, bernama Perpustakaan Habibie & Ainun (.tribunnews.com)
Perpustakaan Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, bernama Perpustakaan Habibie & Ainun (.tribunnews.com)

 

Foto Habibie tampak menghiasi dinding perpustakaan yang berada di rumah yang kaya ukiran tersebut. Ada meja panjang berbidang besar mengisi ruangan dengan cahaya temaram tersebut. Replika harimau yang tengah tidur berada di sisi pintu masuk perpustakaan.

Perpustakaan Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, bernama Perpustakaan Habibie & Ainun (.tribunnews.com)
     Perpustakaan Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie,           bernama Perpustakaan Habibie & Ainun (tribunnews.com)

 

Keluar dari pintu perpustakaan, pandangan kita dihadapkan pada pemandangan dua kolam kaca yang terletak di sisi kiri dan kanan. Kolam berukuran sekitar 5 x 5 meter ini berisi puluhan ikan koi.

Berjalan sedikit ke arah kiri pintu perpustakaan, terdengar gemericik air dari pancuran mini. Sedikit memasuki lorong terpajang lukisan besar Habibie dan Ainun sedang naik sepeda.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar