Home / Berita Perpustakaan / Memprihatinkan, Ratusan Naskah Kuno Koleksi Perpustakaan Rekso Pustoko Rusak

Memprihatinkan, Ratusan Naskah Kuno Koleksi Perpustakaan Rekso Pustoko Rusak

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Memprihatinkan, Ratusan Naskah Kuno Koleksi Perpustakaan Rekso Pustoko Rusak.

Dunia Perpustakaan | Ratusan naskah kuno koleksi Perpustakaan Rekso Pustoko Istana Mangkunegaran Solo rusak parah dimakan usia. Dari sekira 30 ribu naskah yang ada, sekira 700 diantaranya kondisrinya memprihatinkan.

Sebagian besar naskah yang rusak adalah naskah kuno yang ditulis dengan huruf Jawa baru. Staf Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran, Darweni mengatakna, naskah yang kondisinya rusak memuat berbagai pengetahuan yang nilainya tinggi, menyangkut kebudayaan, filsafat, sejarah dan sebagainya.

“Sekira 500-an naskah terbitan tahun 1800 sampai 1900-an yang kondinya hancur tidak bisa dipakai,” katanya, seperti dikutip dari KRjogja dan okezone.com Selasa (31/5/2016).

Darweni menambahkan, upaya penyelamatan melalui program digitalisasi sebenarnya sudah terpikirkan, namun karena terkendala dana, baru ada sekira 10 naskah yang bisa digitalisasi melalui proses foto dan tersimpan pada compact disc (CD).

“Jika ada yang ingin membaca harus menggunakan komputer,” ujarnya.

Sayangnya, pihak Rekso Pustoko hingga kini belum menyediakan komputer pembaca naskah kuno dalam bentuk CD. Sehingga, koleksi naskah yang sudah tersimpan di CD belum bisa dimanfaatkan.

Menurut Darweni, Perpustakaan Rekso Pustoko kesulitan menyelamatkan naskah-naskah kuno karena minimnya dana yang ada. Sementara, untuk proses penyelamatan naskah melalui digitalisasi mrmbutuhkan banyak dana.

Setiap halaman bisa memakan biaya sekira Rp5.000. Padahal naskah “Kitab Toret” berjumlah 560-an halaman, jadi diperkirakan bisa menghabiskan biaya hampir Rp3 juta per kitab.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar