Home ::: Berita Perpustakaan ::: Menengok Perpustakaan Masjid Nabawi
Pintu masuk Perpustakaan Masjid Nabawi [vivia.co.id]

Menengok Perpustakaan Masjid Nabawi

Menengok Perpustakaan Masjid Nabawi.

Dunia Perpustakaan | Berkunjung ke Madinah selalu tidak lepas dengan Masjid Nabawi. Banyak keutamaan jika beribadah di masjid ini.

Pahala salat di Masjid Nabawi akan dilipatgandakan. Salat di masjid yang dibangun Rasulullah itu lebih baik dari 1.000 kali salat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.

Di dalam masjid, selain terdapat makam Rasulullah SAW, ada keutamaan jika salat dan berdoa di raudhah.

Raudhah adalah suatu tempat di dalam Masjid Nabawi yang ditandai dengan tiang-tiang putih. Berada di antara rumah Siti Aisyah, kini makam Rasulullah, hingga mimbar.

Bagi yang ingin memperdalam ilmu agama, di pintu 10 C Masjid Nabawi juga terdapat perpustakaan. Letak perpustakaan ini berada di lantai dua masjid.

Tidak sulit menemukan lokasi pintu menuju perpustakaan. Letaknya persis di sebelah kiri sebelum masuk ke masjid melalui pintu 10.

Dikutip dari viva.co.id, [30/08/16]. Di atas pintu masuk tertulis “Library”. Pengunjung bisa mengakses melalui eskalator untuk sampai ke pintu utama perpustakaan.

Letak pintu itu berada di sisi kiri, setelah menaiki dua eskalator. Terbuat dari kayu dan di atasnya bertuliskan “Library” dengan warna dasar hijau.

Begitu pertama kali masuk ruangan perpustakaan itu, suasana hening langsung terasa. Berbentuk memanjang, dengan sisi kanan kiri berderet buku-buku koleksi perpustakaan yang tertata rapi.

Perpustakaan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. (Republika.com)
   Perpustakaan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. (Republika.com)

 

Di sisi kanan, tersedia deretan meja lengkap dengan komputer dan headset, bagi pengunjung yang ingin mendengarkan dan membaca koleksi buku perpustakaan. Di layar komputer yang cukup besar itu juga terpampang aturan selama berada di perpustakaan.

Selain itu, terdapat beberapa monitor pendukung yang dapat membantu mencari koleksi buku yang pengunjung ingin cari. Jika kesulitan menemukan buku, di beberapa sudut ruangan juga berjaga petugas-petugas perpustakaan.

Koleksi buku berbahasa Arab di perpustakaan Masjid Nabawi ini sangat lengkap, diperkirakan hingga puluhan ribu. Mulai dari sejarah kota Madinah, Mekah, hingga buku-buku pengetahuan tentang sejarah dan kehidupan Rasulullah.

Meski sebagian besar berbahasa Arab, terdapat satu ruangan khusus yang berisi koleksi buku berbahasa asing, termasuk bahasa Indonesia, Inggris, Turki, Prancis, India, dan Urdu.

Koleksi buku terbilang cukup lengkap, terdiri dari berbagai macam tema, seperti sirah nabawiyah, sejarah kota Madinah dan Makkah, buku-buku tentang sejarah kehidupan Rasulullah, buku karangan Imam Hanafi, Imam Maliki dan buku Ulumul Qur’an.(republika.co.id)

Sayangnya, untuk buku berbahasa Indonesia, koleksi masih terbatas. Di antaranya terdapat buku tentang sejarah dan kehidupan Rasulullah SAW.

Bagi jemaah yang sedang beribadah di Masjid Nabawi, sempatkan mengunjungi perpustakaan yang nyaman ini di sela melaksanakan arbain.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia!

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia! Dunia Perpustakaan | Jika anda disuruh bayar saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *