Home / Berita Perpustakaan / Miliki Gedung Perpustakaan Baru, Kantor Arpusda Belum Berniat Tambah Pustakawan
Ilustrasi

Miliki Gedung Perpustakaan Baru, Kantor Arpusda Belum Berniat Tambah Pustakawan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Miliki Gedung Perpustakaan Baru, Kantor Arpusda Belum Berniat Tambah Pustakawan.

Dunia Perpustakaan | Kendati bakal memiliki gedung perpustakaan baru, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Surakarta belum berniat untuk menambah tenaga pustakawan. Arpusda bakal lebih memaksimalkan tenaga pustakawan yang ada untuk mengelola perpustakaan baru tersebut.

Kasi Pelayanan Perpustakaan Arpusda Kota Surakarta, Arif Muttaqin, pustawakan yang dimiliki Arpusda masih mencukupi untuk menjalankan fungsional harian.

Dikutip dari joglosemar.co, [08/16] “Untuk saat ini belum ada rencana untuk menambah pustakawan. Yang ada masih cukup,” ujarnya kepada wartawan.

Menurut Arif, saat ini ada tiga pustakawan yang dimiliki Arpusda. Dua orang di antaranya merupakan pustakawan senior, sedangkan sisanya adalah pustakawan junior. Selain itu, masih ada sejumlah tenaga outsourcing.

“Ketiga pustakawan itu statusnya PNS. Kalau tenaga outsourcing kita punya cukup banyak,” sebutnya.

Dengan keberadaan tenaga outsourcing tersebut, cukup mampu untuk menutupi kebutuhan pelayanan harian. Arif mengatakan, aktivitas di perpustakaan dapat dilakukan secara bergantian. Dari sisi kinerja dan kapasitas, mereka pun dianggap sudah cukup cakap. Termasuk untuk tugas memasukkan katalog dan sistem pengelolaan perpustakaan lainnya.

“Mereka sudah cukup mengusai. Jadi tak ada masalah,” tandasnya.

Sementara itu, pembangunan gedung Perpusda baru terus menunjukkan progres. Meski demikian, proyek tersebut dipastikan tak akan rampung seluruhnya pada tahun ini.

Pemasangan beberapa bangunan seperti keramik, penyediaan lift, pembangunan menara, partisi, taman hingga pagar depan baru akan dilanjutkan tahun depan. Hal ini lantaran anggaran yang dialokasikan dari APBD belum mencukupi.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Asih Sunjoto Putro, mengatakan, dirinya berharap dengan adanya gedung Perpusda baru nantinya meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat. Hal tersebut juga harus diimbangi dengan pelayanan yang maksimal.

“Keseimbangan antara bangunan fisik dan kuantitas kunjungan harus dijaga. Kalau sudah nyaman pasti pengunjungnya banyak. Pelayanan juga wajib optimal,” ucapnya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar