Home ::: Berita Perpustakaan ::: Minat Masyarakat Sleman Kunjungi Perpustakaan Semakin Meningkat
Ilustrasi

Minat Masyarakat Sleman Kunjungi Perpustakaan Semakin Meningkat

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Minat Masyarakat Sleman Kunjungi Perpustakaan Semakin Meningkat.

Dunia Perpustakaan | Animo masyarakat di Kabupaten Sleman dalam memanfaatkan keberadaan perpustakaan kian meningkat. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan yang terus bertambah setiap tahunnya.

Pada 2013 tercatat jumlah pengunjung sebanyak 108.875, dan meningkat di tahun berikutnya menjadi 580.219 pengunjung. Data itu kembali mengalami peningkatan di tahun 2015 menjadi 609.754 pengunjung.

Menurut Kabag Humas Setda Sleman Sri Winarti, pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah. Upaya peningkatan akses pendidikan itu salah satunya dilakukan lewat pemanfaatan perpustakaan.

“Perpustakaan merupakan bagian sarana penunjang pendidikan. Karena itu kelengkapan fasilitasnya perlu terus distimulasi,” kata Winarti, dikutip dari suaramerdeka.com, [17/07/16].

Perpustakaan yang re­pre­­sen­tatif dan didukung dengan koleksi buku leng­kap, diharapkan dapat memotivasi pelajar, maha­siswa dan masyarakat umum untuk memanfaatkan perpustakaan. Saat ini di Sleman terdapat 873 perpustakaan.

Sedangkan koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman mencapai 34.815 judul dengan jumlah 62.847 eksemplar. Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok daerah, Pemkab telah menyiapkan sarana lima unit armada keliling yang menjangkau 60 lokasi layanan.

Selain itu, terdapat sejumlah kantong perpus­takaan yang dikelola oleh pemerintah desa, dan masyarakat setempat. Hingga kini sudah ada 18 lokasi kantong perpustakaan.

“Pemkab juga membentuk rintisan desa gemar membaca di 8 lokasi. Salah satunya di Desa Widodomartani yang tahun ini masuk sebagai nominator lima besar cluster A lomba perpustakaan desa tingkat nasional,” ungkap Winarti.

Berbagai inovasi terus dilakukan untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Dicontohkan layanan yang diterapkan pengelola perpustakaan Desa Widodomartani berupa aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS), serta gerobak dan gerebek buku.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap langkah pengelolaan yang diterapkan perpustakaan Widodo dapat menjadi role model standarisasi perpustakaan desa yang berkualitas.

Dia pun mendukung agar sarana dan prasarana perpustakaan khususnya yang berada di desa, agar terus dikembangkan. Dengan demikian minat baca masyarakat dapat ditingkatkan.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar