Home / Berita Perpustakaan / Miris! BPAD Kutim Tidak Memiliki Tenaga Pustakawan dan Arsiparis

Miris! BPAD Kutim Tidak Memiliki Tenaga Pustakawan dan Arsiparis

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Miris! BPAD Kutim Tidak Memiliki Tenaga Pustakawan dan Arsiparis.

Dunia Perpustakaan | Rendahnya minat generasi muda untuk mengambil kuliah jurusan pustakawan atau arsiparis, menyebabkan kelangkaan tenaga pustakawan dan arsiparis. Padahal, tenaga teknis ini sangat dibutuhkan untuk mengelola perpustakaan dan arsip, yang ada di perpustakaan maupun arsip daerah.

Tidak terkecuali di Kutai Timur. Saat ini, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kutim ternyata belum memiliki tenaga fungsional teknis pustakawan dan arsiparis.

Kepala Badan BPAD Kutim, Budi Santoso, mengatakan bahwa sebagai lembaga teknis di bidang kearsipan maupun perpustakaan, pihaknya hingga kini belum memiliki tenaga fungsional pustakawan maupun arsiparis.

“Padahal, kedua tenaga ini merupakan ujung tombak yang lebih faham dan mampu mengurusi perpustakaan dan kearsipan,“ kata Budi, belum lama ini.

Kekurangan tenaga fungsional ini, kata dia, sebenarnya telah coba dipenuhi melalui rekrutmen CPNS. Namun sepertinya kuota yang diberikan pusat, tidak ada peminatnya. Sehingga kuota jatah pustakawan dan arsiparis tidak terpenuhi.

Dikutip dari korankaltim.com, [01/08/16]. “Untuk menyiasati ketiadaan tenaga teknis, kita telah mengkursuskan beberapa tenaga yang ada, baik PNS, maupun tenaga kontrak daerah untuk bisa setara pengetahuannya, sebagai tenaga pustakawan dan arsiparis. Walaupun sebenarnya tidak sebanding dengan tenaga pustakawan dan arsiparis yang benar-benar lulusan pustakawan dan arsiparis,” katanya.

Lanjut Budi, saat ini PNS yang telah menduduki posisi Kepala Sub Seksi (Kasi) di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kutai Timur enggan untuk beralih menjadi tenaga fungsional pustakawan mapun arsiparis. Padahal jika melihat tunjangan bagi tenaga fungsional pustakawan dan arsiparis ini, ternyata cukup besar.

Budi menginginkan nantinya pemerintah Kutim, bisa mencarikan solusi untuk mengisi tenaga pustakawan maupun arsiparis ini.
“Seperti menyekolahkan lulusan SMA yang ada di Sangatta untuk berkuliah di universitas yang memang memiliki jurusan pustakawan maupun arsiparis.

Sehingga setelah lulus nanti, bisa langsung dipekerjakan di Kutim sebagai tenaga pustakawan dan arsiparis di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kutai Timur,“ pungkasnya

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar