Home ::: Berita Perpustakaan ::: Miris, Ribuan Buku di Perpustakaan Jombang Raib
Ilustrasi

Miris, Ribuan Buku di Perpustakaan Jombang Raib

Miris, Ribuan Buku di Perpustakaan Jombang Raib.

Dunia Perpustakaan | Sebanyak dua ribu buku milik Perpustakaan Umum Mastrip Jombang raib. Ribuan buku tersebut dibawa oleh peminjam dan tidak dikembalikan. Pihak pengelola perpustakaan sudah berusaha mengirimkan surat himbauan pengembalian buka, namun tidak membuahkan hasil.

“Jadi buku milik perpustakaan umum Jombang yang masih nyantol di peminjam sekitar 2 ribu buku. Rata-rata peminjam sudah pergi ke luar kota,” Suswiyanto (35), petugas pelayan perpustakaan umum Jombang, Selasa (17/5/2016).

Suswiyanto menjelaskan, perpustakaan milik Pemkab Jombang ini memiliki koleksi 30 ribu judul buku. Setiap hari pengunjung silih berganti. Mereka datang dari berbagai kalangan. Mulai pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Dia lantas merinci, untuk bulan Januari 2016, pengunjung Perpustakaan Mastrip sebanyak 3.550 orang. Kemudian bulan Februari mencapai 4.429 pengunjung, dan bulan Maret tembus 5.710 orang pengunjung.

Selain baca buku di tempat, para pengunjung juga bisa meminjam buku untuk dibawa pulang. Asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Nah, lanjut Suswiyanto, dari seluruh buku yang dipinjam, sebanyak 2 ribu yang belum kembali. “Seharusnya, buku yang dipinjam itu, satu minggu harus kembali. Kalau memang belum selesai dibaca bisa diperpanjang. Namun ada 2 ribu buku yang selama tiga bulan lebih tidak ada kabarnya alias raib,” katanya yang dikutip dari beritajatim.com, [05/16].

Pihak pengelola perpustakaan sudah melakukan pelacakan. Caranya dengan mengirimkan surat permintaan pengembalian buku kepada peminjam yang ditembuskan ke kepala desa setempat.

Hanya saja, banyak peminjam yang sudah pindah ke luar kota. Sehingga nasib buku yang dipinjam juga ikut raib.

“Padahal kita tidak mengenakan denda keterlambatan pengembalian buku. Sekali lagi, masih ada 2 ribu buku yang berada di tangan peminjam selama tiga bulan lebih,” pungkasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *