Home / Naskah Kuno / Naskah Al-Qur’an Kuno Terpenting di Rusia

Naskah Al-Qur’an Kuno Terpenting di Rusia

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Naskah Al-Qur’an Kuno Terpenting di Rusia.

Dunia Perpustakaan | Saat ini di Rusia banyak tersimpan manuskrip Islam yang berharga, termasuk di antaranya merupakan peninggalan-peninggalan asli.

Munculnya koleksi pertama naskah oriental di Rusia berkaitan dengan kebijaksanaan para penguasa Rusia terdahulu, khususnya yaitu Petr Agung dan Ekaterina II.

Saat ini Rusia menyimpan naskah Quran yang merupakan sampel kitab yang dibuat selama 12 abad, yaitu sejak akhir abad VII sampai awal abad VIII, hingga akhir abad XIX, yang pada dasarnya merupakan keseluruhan periode naskah Arab.

Dikutip dari akarnews.com. Wilayah asal naskah-naskah tersebut sangat besar, dari Belarus sampai ke Afrika Barat.

#1. Quran Utsman

Di Institut Manuskrip Oriental di Sankt Peterburg, tersimpan naskah Quran yang dihormati atau dihargai sebagai naskah pertama Quran dari Asia Tengah selama berabad-abad.

Belum lama ini, bagian dari naskah Quran tersebut ditemukan di sebuah desa kecil tak jauh dari perbatasan Uzbekistan-Afghanistan.

#2. Quran Kufi

Fragmen Quran Kufi kuno menjadi kebanggaan koleksi Rusia. Koleksi ini secara hati-hati disimpan di Perpustakaan Nasional Rusia, di Sankt Peterburg. Fragmen Quran Kufi ini berasal dari Masjid Amr Ibn al-Asa di Kairo Kuno (dibangun pada tahun 643).

qoran 1

Koleksi ini menjadi yang terbaik di Eropa dan merupakan salah satu koleksi terbaik di dunia dalam jumlah naskah Kufi yang ditulis tangan (yang paling kuno dari semua jenis tulisan Arab).

Bagian terpenting dari koleksi ini adalah fragmen dari salah satu manuskrip Quran tertua di dunia. Sementara, bagian kedua kini disimpan di Perpustakaan Nasional di Paris.

Foto fragmen Quran Kufi dapat dilihat di situs Perpustakaan Nasional Rusia.

#3. Quran Sumpah

Sebuah naskah unik Quran disimpan di gedung Arsip Dokumen Kuno Pemerintah Rusia, Moskow. Pada saat inventarisasi arsip Posolskiy Prikaz (seperti kemenlu pada saat itu -red.)

Yang dibuat pada 1560, di masa Ivan yang Mengerikan, terdaftar “Quran Tatar” yang dipakai untuk bersumpah bagi orang-orang Tatar. Sampai kini, di Moskow tersimpan salah satu dari daftar Quran yang pernah digunakan bagi para muslim untuk bersumpah. Surat An-Nahl ayat 91, yang digunakan untuk menyumpah, ditulis dengan tinta emas.

#4. Quran Bersegi Delapan

131_468

Daya tarik yang terbesar terdapat pada tiga daftar miniatur Quran bersegi delapan yang merupakan bagian dari bendera tradisional tentara Muslim. Peninggalan ini kini disimpan di Museum Antropologi dan Etnografi Petr yang Agung (Kunstkamera).

#5. Miniatur Quran milik ahli perhiasan Prancis

Miniatur daftar Quran yang unik dimiliki oleh seorang ahli perhiasan terkenal Carl Faberge yang dibeli olehnya sehubungan pelaksanaan perintah jangka panjang dari Putri Prancis Cecile Muir. Carl Faberge yang merupakan seorang ahli perhiasan Kaisar Rusia dianugerahi sejumlah pesanan dari Rusia dan asing serta medali dari Rusia dan pameran dunia atas kerjanya.

Segera setelah revolusi, Pemerintah Soviet, dalam rangka mencari dana yang sangat dibutuhkan dalam kondisi perang, mulai menjual karya seni perhiasan ke luar negeri. Bagian yang disita didistribusikan ke museum-museum Rusia. Kemudian naskah oriental Faberge muncul dalam kumpulan akademis di Sankt Peterburg.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar