Home ::: Berita Perpustakaan ::: Ngabuburit Bersama “Perpustakaan Keliling” Dapat Hidangan Takjil

Ngabuburit Bersama “Perpustakaan Keliling” Dapat Hidangan Takjil

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Ngabuburit Bersama “Perpustakaan Keliling” Dapat Hidangan Takjil.

Dunia Perpustakaan | Kantor Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Banyuwangi mengerahkan mobil perpustakaan saat sore hari menjelang berbuka puasa. Bagi mereka yang ngabuburit dengan membaca buku dari perpustakaan keliling ini, petugas juga membagikan hidangan takjil.

Kepala Badan Perpustakaan, Dokumentasi dan Arsip Kabupaten Banyuwangi Riyanti Ananta menjelaskan, bulan Ramadhan tahun ini bersamaan dengan libur sekolah sehingga menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan budaya literasi di Banyuwangi.

“Kami memberikan pilihan kegiatan mengisi liburan anak-anak sekolah sembari mereka menunggu waktu berbuka puasa,” ujar Riyanti. Dikutip dari kompas.com, Jumat (17/6/2016).

Setiap hari, ada tiga tempat yang dikunjungi mobil perpustakaan di Banyuwangi, mulai dari Pantai Grand Watu Dodol, di Taman Makam Pahlawan Banyuwangi, Pantai Blimbingsari atau di beberapa titik keramaian yang biasa menjadi tempat warga menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa.

“Total ada 13 tempat dan sudah terjadwal. Semuanya dimulai pukul 15.00 hingga Maghrib,” imbuhnya.

Pada akhir 2015 kemarin, Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Perpustakaan diterbitkan. Perda tersebut tidak hanya mengatur adanya sudut-sudut baca di instansi-instansi pemerintahan, namun juga di bank, hotel, tempat rekreasi, rumah ibadah, lembaga pemasyarakat, mal dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Pemkab Banyuwangi juga mendorong adanya satu perpustakaan atau taman baca di setiap desa.

“Pemkab Banyuwangi memiliki program smart kampung yang salah satunya adalah adanya taman baca di tiap desa dan kami juga mengadakan workshop terkait pengelolaan perpustakaan desa, Harus direvitalisasi agar masyarakat nyaman saat membaca buku,” tutur Riyanti.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar