Home ::: Berita Perpustakaan ::: Pembangunan Perpustakaan DPR Belum Penting, Perpustakaan Desa dan Sekolah Sangat Penting!

Pembangunan Perpustakaan DPR Belum Penting, Perpustakaan Desa dan Sekolah Sangat Penting!

Pembangunan Perpustakaan DPR Belum Penting, Perpustakaan Desa dan Sekolah Sangat Penting!

Dunia Perpustakaan | Ngototnya anggota DPR yang ingin membangun perpustakaan masih menjadi kontroversi.

Beberapa pihak mendukung namun sebagian juga lebih banyak menolak.

Mereka yang mendukung mungkin karena hanya ingin berfikir bahwa namanya perpustakaan itu kan baik, kenapa harus ditolak?

Sedangkan bagi mereka yang menolak memiliki banyak alasan.

Diantara alasan tersebut dikarenakan Perpustakaan DPR masih dianggap belum terlalu mendesak. Yang mendesak justru bukan perpustakaan DPR melainkan perpustakaan-perpustakaan di daerah yang masih banyak memerlukan bantuan untuk renovasi dan perbaikan serta penambahan fasilitas buku dan tempat baca yang nyaman.

Hal tersebut jauh lebih mendesakd aripada harus membangun perpustakaan DPR.

Apalagi Indonesia ini negara kepulauan dan teramatsangat luas sehingga sangat naif jika DPR ingin bangun perpustakaan demi rakyat.

Jika perpustakaan dibangun di DPR, pastinya hanya sebagian orang yang mau dan mampu untuk datang ke perpustakaan DPR.

Akan jauh lebih baik lagi jika perpustakaan di bangun di setiap desa dan sekolah misalnya, hal tersebut jauh lebih tepat sasaran jika memang DPR ingin mengutamakan kepentingan rakyat.

Diluar alasan tersebut, mereka yang menolak pembangunan DPR dikrenakan dengan dana hingga ratusan miliar tersebut sangat terkesan menghambur-hamburkan uang jika untuk membangun perpustakaan DPR.

Apalagi kalau kita bicara reputasi DPR yang perpustakaan yang sudah ada sekarang ini saja sangatlah SEPI pengunjung.

Jadi cukup aneh kalau datang ke perpustakaan saja jarang, tapi tiba-tiba ingin bangun perpustakaan dengan dana miliaran rupiah.

Alasan lain karena rakyat masih terlalu sulit percaya dengan DPR, khususnya untuk jaminan bahwa uang tersebut tidak DIKORUPSI oleh DPR.

Dikutip dari Pos Kota [7/4/16] Salah satu yang menolak pembangunan perpustakaan DPR yaitu Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA).

FITRA menilai rencana pembangunan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara di Kompleks Parlemen hanya akan menghamburkan uang. Budaya baca yang masih rendah menjadi alasan bagi Sekretaris Jenderal FITRA Yenny Sucipto untuk menyebut proyek tersebut mubazir.

“Rencana pembuatan perpustakaan DPR tidak menjadi prioritas, Karena sebenarnya DPR sudah memiliki perpustakaan, bahkan jarang dipakai” jelas Yenny, kemarin.

Sementara itu menyangkut anggaran Rp 570 miliar, FITRA menilai dana tersebut tidak terdapat dalam alokasi APBN 2016, sehingga berpotensi rawan dijadikan bancakan oleh elit-elit tertentu.

“Yang ada hanya pembangunan gedung DPR sebesar Rp 700 Miliar. Sayangnya diduga angka tersebut diubah-ubah sesuka hati oleh DPR untuk proyek yang berubah ubah perencanaannya,” ujarnya.

Terakhir ia mengatakan dana Rp. 570 miliar sebaiknya digunakan untuk membuat 1.000 perpustakanan di wilayah terdepan Indonesia. Sehingga anak-anak Indonesia tidak sulit mengakses perpustakaan.

“Batalkan proyek perpustakaan megah, Lebih baik membangun perpustakaan di daerah,” ucapnya.

Tunda

Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, pembangunan perpustakaan tersebut positif, namun sebaiknya direalisasikan di saat yang tepat.

“Kan sekarang kita tahu, target penerimaan negara tidak tercapai. Ada kekurangan Rp 200 triliun lebih. Karena ada kekurangan (pemasukan sebaiknya) ditunda lah,” kata Zulkifli.

Ia mengatakan, meski anggaran pembangunan tersebut telah dianggarkan di dalam APBN, bukan berarti hal itu tak dapat ditunda. Sebab, ada kebutuhan masyarakat yang lebih mendesak untuk dipenuhi saat ini. “Misalnya pembangunan jalan untuk rakyat Maluku, pembangunan jalan untuk rakyat Sumatera. Lagi pula kan masih bisa 5-10 tahun lagi,” katanya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *