Home / Inspirasi Literasi / Pemkab Sleman Merintis Desa Gemar Membaca

Pemkab Sleman Merintis Desa Gemar Membaca

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Pemkab Sleman Merintis Desa Gemar Membaca.

Dunia Perpustakaan | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman merintis desa gemar membaca. Salah satu lokasi yang baru saja dikukuhkan adalah Desa Banyuraden di Kecamatan Gamping.

Pengukuhan Banyuraden sebagai rintisan desa gemar membaca ditandai dengan pembacaan berita acara oleh Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Sri Murni Rahayu mewakili bupati. Dalam sambutannya, Sri Murni mengatakan pengukuhan ini dapat menjadi jawaban atas persoalan rendahnya minat baca masyarakat.

Sampai saat ini sudah ada 8 lokasi rintisan desa gemar baca di Sleman. Ditargetkan ke depan bisa menjangkau seluruh wilayah. “Diharapkan jumlah desa rintisan terus bertambah. Apalagi kita masih menghadapi kendala minat baca masyarakat yang rendah,” katanya, Selasa (31/5).

Padahal dengan membaca, seseorang dapat meningkatkan kemampuan tidak hanya secara kognitif tapi juga afektif. Selain menambah intelektualitas, kebiasaan baca juga mendorong kualitas emosional sehingga menjadi pribadi yang matang.

Namun sayangnya, membaca belum dianggap sebagai kebutuhan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Dikutip dari suaramerdeka.com, [31/05/16]. “Membaca adalah jendela dunia. Sebab melalui bacaan, kita dapat menjelajahi dunia dan melihat segala sesuatunya dari sudut padang berbeda,” ujarnya.

Upaya untuk menumbuhkan kebiasaan senang membaca dapat dilakukan lewat program perpustakaan desa. Setiap desa diminta untuk menggerakkan perpustakaan yang ada di wilayah masing-masing agar dapat dimanfaatkan oleh warga secara optimal.

Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan Sri Hartati mengatakan, pengukuhan rintisan desa gemar membaca dimaksudkan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan desa.

Keberadaan perpustakaan di tengah lingkungan desa diharapkan menjadi pusat pembelajaran bagi warga yang pada akhirnya membentuk karakter gemar baca.

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan bahan perpustakaan berupa buku dan rak. Untuk mengoptimalkan rintisan desa gemar membaca, dikukuhkan pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kecamatan Gamping yang akan mengawal pelaksanaan program tersebut.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar