Home / Berita Perpustakaan / Pemkab Tangerang Adakan Perpustakaan Keliling untuk Ngabuburit

Pemkab Tangerang Adakan Perpustakaan Keliling untuk Ngabuburit

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Pemkab Tangerang Adakan Perpustakaan Keliling untuk Ngabuburit.

Dunia Perpustakaan | Petugas Perpustakaan Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, membuka program “ngabuburit” yakni mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa Ramadhan dengan hal berguna seperti membaca buku.

Dikutip dari tribunnews.com. “Kami telah menyiapkan perpustakaan keliling untuk mendatangi sejumlah lokasi keramaian guna menunjang program tersebut,” kata Kepala Perpustakaan Daerah Pemkab Tangerang Yusrizal di Tangerang, Kamis (9/6/2016).

Yusrizal mengatakan mobil keliling yang dipenuhi buku tersebut banyak diminati warga terutama pada pusat keramaian dan tempat anak muda biasa berkumpul.

Dia mengatakan tujuan program “ngabuburit” tersebut agar warga tidak membuang waktu percuma menjelang berbuka puasa, tapi menyerap edukasi bermanfaat dengan cara membaca.

Menurut dia, tentu lebih berguna menjelang berbuka dengan cara membaca ketimbang harus bermain di pusat perbelanjaan atau membicarakan dan melihat hal yang tidak penting.

Upaya tersebut merupakan salah satu cara agar minat baca warga meningkat dan menambah ilmu yang berguna.

Buku bacaan yang dibawa mobil keliling tersebut terdiri dari berbagai disiplin ilmu termasuk buku fiksi dan gambar yang diminati anak-anak.

Dia mengatakan pihaknya berupaya agar minat baca ditanamkan kepada anak sejak usia dini sehingga mereka dapat menyerap ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk menempuh pendidikan lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Daerah Pemkab Tangerang, Gita Gayatri mengatakan program tersebut juga berupaya menggandeng pengelola masjid dan pondok pesantren serta pihak lainnya yang berminat.

Gita menambahkan pihaknya juga melakukan buka puasa bersama dengan menyediakan makanan dan minuman di perpusatakaan agar pembaca yang tidak sempat berbuka di rumah dapat menyantap hidangan itu.

Meski begitu, pihaknya juga berencana memberikan sumbangan kepada anak yatim yang membutuhkan pertolongan selama Ramadhan.

Gita menambahkan, untuk menyukseskan program tersebut diharapkan pihak lain juga dapat berpartisipasi agar langkah mendidik masyarakat tersebut berjalan lancar.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar