Home / Berita Perpustakaan / Pengadaan Buku Pelajaran Diambilkan dari BOS

Pengadaan Buku Pelajaran Diambilkan dari BOS

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Pengadaan Buku Pelajaran Diambilkan dari BOS.

Dunia Perpustakaan | Pengadaan buku teks pelajaran siswa bagi sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013, tidak dibebankan kepada siswa. Pengadaan buku diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sekolah dapat memanfaatkan dana tersebut minimal lima persennya untuk pengembangan perpustakaan dan salah satunya untuk pengadaan buku teks pelajaran.

Dikutip dari suaramerdeka.com, [01/08/16]. Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Edy Rahadjo, mengungkapkan saat menyusun rencana penggunaan dana BOS, sekolah harus mengalokasikan anggaran pengembangan perpustakaan, yakni minimal lima persen dari total dana BOS yang diterima sekolah selama setahun.

Salah satu kegiatan pengembangan perpustakaan adalah membeli buku teks pelajaran siswa.  Buku ini sifatnya dipinjamkan ke siswa dan ke depan berlanjut ke adik-adik kelasnya yang akan menggunakan.

”Jadi prioritas utama dari kegiatan pengembangan perpustakaan adalah pengadaan buku teks pelajaran sampai tercapai rasio satu siswa menerima satu buku teks pelajaran,” jelas dia di hadapan para kepala SMP se-Kabupaten Banyumas di Gedung Gurinda komplek Dinas Pendidikan.

Setelah buku teks pelajaran siswa terpenuhi, lanjut dia, sekolah dapat menggunakan dana itu untuk pengadaan buku penunjang pelajaran bahasa Jawa. Buku tersebut harus sesuai dengan ketentuan yang telah disahkan Gubernur Jateng.

”Ketika buku pelajaran itu dirasa juga sudah mencukupi, maka sekolah dapat mengalokasikannya untuk pengayaan dan referensi buku perpustakaan.  Hal tersebut agar koleksi buku yang dimiliki perpustakaan semakin banyak dan beragam jenis bukunya,” tambah Edy.

Dalam pengadaan buku teks tersebut, lanjut dia, sekolah tinggal membeli melalui e-katalog.  Dalam e-katalog ini, sekolah-sekolah di Kabupaten Banyumas memilih penyedia buku yang masuk zona I.  Zona tersebut merupakan zona yang berisi penyedia buku-buku dengan harga murah.

“Setidaknya ada 10 penyedia buku yang terdapat dalam zona I.  Silakan sekolah memilih sendiri penyedia mana yang dinilai tepat untuk melakukan pengadaan buku.  Kami tidak mengarahkan ke salah satu penyedia buku teks,” katanya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *