Home / Artikel Perpustakaan / Pengertian Dan Fungsi Perpustakaan Menurut Ahli
Ilustrasi PIC: (singgiharyo.blogspot.com)

Pengertian Dan Fungsi Perpustakaan Menurut Ahli

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Pengertian Dan Fungsi Perpustakaan Menurut Ahli.

Dunia Perpustakaan | Sebelum mendefisinikan perpustakaan sekolah, terlebih dahulu kita ketahui tentang pengertian perpustakaan itu sendiri, karena kata sekolah pada perpustakaan sekolah merupakan kata yang menerangkan kata perpustakaan.

Perpustakaan merupakan unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka. Baik berupa buku maupun non buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi (Suhendar, 2005:3).

Sesuai dengan namanya, perpustakaan sekolah tentu berada di sekolah, dikelola oleh sekolah dan berfungsi untuk sarana belajar-mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan guna menambah ilmu pengetahuan sekaligus tempat berekreasi yang sehat disela-sela kegiatan rutin belajar.

Kondisi suatu bangsa merupakan refleksi dari tingkat kebudayaan serta tingkat peradapan yang telah dicapainya, dimana perpustakaan berkewajiban mengenalkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan ketrampilan pada masyarakat serta menanamkan sikap untuk terus menerus belajar secara berkelanjutan sepanjang hayat.

Dengan demikian perpustakaan dan pustakawan dapat berperan aktif sebagai sarana untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga dapat berperan meningkatkan partisipasi dan produktivitas pembangunan (Supriyanto) dalam (Kosan, 2006:3).

Menurut Trimo dalam Sinaga (2005:220)

“Perpustakaan adalah sekumpulan bahan pustaka, baik yang tercetak maupun rekaman yang lainnya, pada suatu tempat tertentu yang telah diatur sedemikian rupa untuk mempermudah pemustaka mencari informasi yang diperlukannya dan yang tujuannya utamanya adalah untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat yang dilayaninnya dan bukan untuk diperdagangkan”.

Menurut Mudyana dan Royani dalam Sinaga (2005:16)

“Perpustakaan sekolah adalah sarana penunjang pendidikan di satu pihak sebagai pelestari ilmu pengetahuan, dan di lain pihak sebagai sumber bahan pendidikan yang akan diwariskan kepada generasi yang lebih muda. Secara nyata perpustakaan sekolah merupakan sarana untuk proses belajar dan mengajar bagi guru maupun bagi murid”.

Menurut Rohanda dalam makalah fungsi dan peranan perpustakaan (2010)

“Perpustakaan sekolah merupakan unit kerja dan sebagai perangkat mutlak (complement) dari sekolah yang bersangkutan. Dengan tujuan menyediakan koleksi pustakan untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Dikatakan juga bahawa perpustakaan tersebut sebagai “jantungnya” pelaksanaan pendidikan pada lembaga itu”.

Menurut Deputi II Perpusnas RI dalam Seminar Ilmiah Perpustakaan Sekolah (2010)

“Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber penting dalam upaya mendukung proses peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Melalui perpustakaan banyak informasi yang dapat digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Perpustakaan diharapkan dapat memainkan fungsinya sebagai wahana pendidikan, penelitian pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa.

Perpustakaan merupakan hal yang vital di sekolah karena perpustakaan menunjang sarana belajar-mengajar siswa. Siswa yang tidak memiliki buku yang lengkap dapat meminjam di perpustakaan.

Fungsi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan sekolah merupakan subsistem program pendidikan sehingga berpengaruh terhadap program pendidikan secara keseluruhan. Sehingga dengan demikian perpustakaan sekolah dijadikan komponen yang tidak terpisahkan dari keseluruahn komponon pendidikan.

Perpustakaan sekolah harus berfungsi sebagai sarana yang turut menentukan proses belajar-mengajar yang baik dan mampu memberikan warna dalam proses interaktif edukatif yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan misi dan visi yang diemban perpustakaan sekolah. Fungsi perpustakaan sekolah juga dikemukakan oleh Manil Silva dalam (Sinaga 2007:25)

“The main Function of public library, school and other libraries is to provide reading facilities for education, recreation, and research”

Fungsi perpustakaan sekolah lebih ditekankan kepada fungsi edukatif dan fungsi rekreatif. Hal ini berdasarkan bahwa pemakai perpustakaan sekolah murid-nurid TK sampai siswa sekolah menengah. Pada usia tersebut mereka diarahkan untuk bisa belajar sambil bermain atau learning by playing bagi muridmurid TK sampai Sekolah Dasar. Sedangkan untuk sekolah tingkat menengah atas  sudah bisa melaksanakan campuran learning by doing dengan problem solving.

Dari uraian diatas dapat dijelaskan fungsi lain dari perpustakaan sekolah menurut (Sinaga, 2007:25-27) :

#1. Pusat Pendidikan

Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai “guru” atau sebagai pusat sumber belajar yang menyajikan berbagai kebutuhan para siswa dan pemustaka. Di perpustakaan sekolah harus tersedia berbagai bahan pelajaran yang dituntut keberadaanya oleh kurikulum, sehingga perpustakaan sekolah menyediakan koleksi baik buku-buku paket dari Departemen Pendidikan Nasional.

Alat-alat peraga dan sarana-sarana lain yang diharapkan dapat menunjang efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Dengan demikian perpustakaan sekolah membantu dalam mengembangkan daya pikir para siswa secara rasional dan kritis serta mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan siswa akan sumber-sumber bahan belajar.

#2. Pusat Rekreasi

Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai sarana yang menyediakan pustaka yang mengandung unsur hiburan yang sehat dan bermanfaat. Siswa dapat mengisi waktu senggang sekaligus bisa melakukan rekreasi dengan membaca bahan-bahan pustaka yang diminatinya. Dengan tersedianya bahan bacaan yang bersifat rekreasi tersebut, diharapkan akan timbul ide-ide baru yang sangat bermanfaat bagi pengembangan daya kreasi pemustaka.

#3. Pusat Penelitian

Koleksi perpustakaan dijadikan bahan untuk membantu dilakukannya kegiatan penelitian sederhana. Segala jenis informasi tentang pendidikan tingkat sekolah yang bersangkutan sebaiknya disimpan di perpustakaan, sehingga jika ada peneliti yang ingin mengetahui tentang informasi tertentu tinggal membaca di perpustakaan.

#4. Pusat informatif

Fungsi ini berkaitan dengan mengupayakan penyediaan koleksi perpustakaan yang bersifat memberitahu akan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para guru dan siswa. Melalui membaca berbagai media bahan bacaan yang disediakan oleh perpustakaan sekolah sehingga para guru dan siswa akan banyak tahu tentang segala hal yang terjadi di dunia.

Sedangkan menurut Syihabuddin Qulyubi dalam buku dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi mengatakan bahwa fungsi perpustakaan yaitu :

  1. Sebagai sumber kegiatan belajar-mengajar, perpustakaan sekolah berfugsi membantu program pendidikan dan pengajaran sesuaiyang terdapat dealam kurikulum. Mengembangkan kemampuan anak dalam menggunakan sumber informasi, bagi guru merupakantempat untuk membantu guru dalam mengajar dan tempat untuk memperkaya pengetahuan.
  2. Membantu peserta didik memperjelas dan memperluaspengetahuan pada setiap bidang studi. Keberadaan dan tujuanperpustakaan sekolah dapat dijadikan sebagai laba ringan yang sesuai dengan tujuan yang terdapat didalam kurikulum.
  3. Mengembangkan minat dan budaya membaca sehingga menjadikebiasaan mandiri.
  4. Membantu anak untuk mengembangkan bakat, minat, dan kebenaran.
  5. Perpustakaan sekolah merupakan tempat memperoleh bahan rekreasi sehat melalui buku-buku bacaan yang sesuai dengan umur tingkat kecerdasan anak.
  6. Perpustkaan sekolah memperluas kesempatan belajar bagi peserta didik.
  7. Membiasakan anak untuk mencari informasi di perpustakaan, kemahiran anak dalam mencari informasi di perpustakaan akan menolong untuk belajar mandiri dan memperlancar dalammengingat pelajaran di sekolah.

Manfaat Perpustakaan Sekolah

Kegiatan pendidikan sekarang tidak bertumpu pada guru lagi sebagai salah satu sumber , melainkan dapat dilakukan dalam berbagai sumber misalnya perpustakaan sekolah. Para siswa dapat memanfaatkan sarana perpustakaan untuk digunakan sebagai sarana referensi belajar. Di dalam perpustakaan terdapat berbagai ilmu yang dapat dimanfaatkan oleh setiap siswa. Menurut Bafadal (2008)

Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila koleksi yang ada, dimanfaatkann secara optimal dan benar-benar memperlancar penerapan tujuan proses belajar-mengajar di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tingginya pretasi belajar tapi siswa dapat mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi.

Manfaat dari perpustakaan sekolah menurut Bafadal (2008):

  1. Perpustakaan sekolah menimbulkan kecintaan siswa terhadap membaca.
  2. Perpustakaan sekolah memperkaya pengalaman belajar siswa.
  3. Perpustakaan menanamkan kebiasaan belajar mendiri yang akhirnya siswa mampu belajar mandiri.
  4. Perpustakaan sekolah mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
  5. Perpustakaan sekolah membantu perkembangan kecakapan berbahasa.
  6. Perpustakaan sekolah melatih murid kearah tanggung jawab.
  7. Perpustakaan sekolah memperlancar murid dalam tugas sekolah.
  8. Perpustakaan sekolah membnatu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran.
  9. Perpustakaan sekolah membantu siswa, guru dan anggota staff sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi.

Sumber: pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *