Home ::: Berita Perpustakaan ::: Pengunjung Perpusda Balikpapan Menurun di Bulan Ramadhan
Ilustrasi

Pengunjung Perpusda Balikpapan Menurun di Bulan Ramadhan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Pengunjung Perpusda Balikpapan Menurun di Bulan Ramadhan.

Dunia Perpustakaan | Guna meningkatkan minat baca dalam mencerdaskan warga Balikpapan, Pemkot melalui pengelola perpustakaan daerah (Perpusda) Balikpapan menyediakan 55 ribu eksemplar buku dengan 19 ribu judul yang ada di Perpusda Balikpapan.

Kasi Perpustakaan Perpusda Balikpapan Rumiati mengatakan, dari 55 ribu eksemplar buku yang tersedia cukup bervariasi. Mulai dari buku anak-anak, remaja, dewasa hingga mahasiswa atau umum.  Dari sekian buku tersebut, koleksi buku fiksi paling banyak diminati pembaca, khususnya kalangan remaja.

“Koleksi buku-buku fiksi paling diminati remaja. Kami terus sesuaikan dengan tingkat minat pembaca buku yang disediakan,” kata Rum-sapaan akrabnya, kepada Balikpapan Pos, Sabtu (18/6).

Meski disediakan puluhan ribu buku, namun minat pembaca menurun di bulan Ramadan ini.

Rum mengakui, di bulan Ramadan tingkat pengunjung sedikit menurun dari pada hari normal. Setiap harinya, pengunjung berada di kisaran 250 hingga 300 orang. Di hari normal, mencapai 300 hingga 400 pengunjung atau mencapai 10.000 pengunjung setiap bulan.

“Indikator turunnya tingkat pengunjung, selain bulan puasa, juga hari libur. Jadi mereka pada liburan ke luar kota bersama sanak familinya,” ungkap Rum.

Bulan suci Ramadan, Kantor Perpusda Balikpapan tetap dibuka hingga sore hari. Namun, terjadi perubahan jam masuk kantor.

“Ya tetap dibuka sampai sore. Kalau hari normal, dibuka sampai malam,” ujar Rum.

Dia mengungkapkan, Kantor Perpusda Balikpapan dibuka pada pukul 08.00 Wita hingga pukul 17.45 Wita pada Senin hingga Kamis selama Ramadan. Sedangkan Jumat dibuka pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.30 Wita. Sabtu dan Minggu masuk pukul 10.00 Wita hingga pukul 15.30 Wita.

Sedangkan pada hari normal, mulai dibuka jam 8 pagi hingga 20.30 Wita untuk Senin hingga Kamis. Di hari Jumat, masuk jam 8 hingga 16.30 Wita. Sementara Sabtu-Minggu masuk pukul 10.00 Wita hingga pukul 16.30 Wita.

“Biasanya hari Sabtu paling ramai, karena pengunjung umum juga membawa anak-anaknya,” ucapnya.

Dia mengakui, saat ini tingkat pembambaca warga Balikpapan cukup tinggi. Jika dihitung sejak 2013 lalu, kini peserta Perpusda mencapai 32 ribu anggota. “Di 2013 lalu masih berjumlah 9 ribu, kini jumlahnya terus bertambah,” pungkas wanita berkerudung ini.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar