Home / Berita Perpustakaan / Pengunjung Perpustakaan Daerah Adi Negoro Meningkat Hingga 50 Persen
Suasana pengunjung di perpustakaan daerah Adi Negoro Sawahlunto [harianhaluan.com]

Pengunjung Perpustakaan Daerah Adi Negoro Meningkat Hingga 50 Persen

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Pengunjung Perpustakaan Daerah Adi Negoro Meningkat Hingga 50 Persen.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Daerah (Pusda) Adi Negoro, Kota Sawahlunto saat ini telah memiliki sebanyak 30.581 judul buku yang bisa dimanfaatkan para pe­ngun­jung itu sendiri.

30.581 judul itu terdiri dari beberapa koleksi buku keagamaan, politik dan keta­tanegaraan, buku ilmu tera­pan, buku cerita dan lainnya. “Koleksi buku tersebut me­rupakan bantuan dari peme­rintah kota melalui APBD yang didapat juga dari ban­tuan Perpusatakaan Nasio­nal,” sebut Kepala Seksi Perpus­takaan Kantor Arisp Kota Sawahlunto, Reni Ira­wati.

Pihaknya, sebut Reni, terus mengupayakan penam­bahan koleksi dan judul buku untuk meningkatkan minat baca warga Sawahlunto dan pengunjung lainnya, ter­masuk penambahan koleksi buku khusus bahasa Minang.

Pada 2016 ini juga terdapat penambahan koleksi buku sebanyak 657 buah. Dimana pengadaaan penambahan koleksi itu didapat dari ban­taun Perpustakaan  Daerah Sumbar, pembelian melalui dana APBD dan juga bantuan dari pihak lainnya termasuk masyarakat.

Dikutip dari dari harianhaluan.com, [30/08/16]. “Saat ini tren kunjungan masyarakat ke Perpusatakaan Adi Negoro meningkat setiap tahunnya dimana pe­ning­katannya mencapai 50 per­sen.

Tahun 2013, kunjungan pertahunnya mencapai 24.­793 orang, tahun 2014 men­ca­pai 39.500 pengunjung, tahun 2015 mencapai 44.042 pengunjung. Rata rata per­bulan angka kunjungan men­capai 3.500 sampai 4.000 orang atau 350 orang per­harinya,” sebutnya.

Untuk mempermudah pengunjung untuk mencari koleksi buku yang akan diba­ca, semenjak 2015, Perpus­takaan Adi Negoro Sawah­lunto dalam melakukan pro­ses pengolahan bukunya de­ngan program In List Lite atau pengolahan otomatis, sehingga para pengunjung bisa melihat serta meng Up Grade buku yang akan diba­canya melalui internet.

Dengan sistim kom­pu­terisasi ini lanjutnya, minat baca masyarakat akan terus meningkat dan membaca akan menjadi budaya hidup masyarakat Sawahlunto da­lam menambah ilmu dan membuka wawasan.

“Selain upaya itu kita juga berharap sejumlah fasilitas pendukung seperti kelayakan gedung dan ruang baca agar menjadi perhatian serius semua pihak, termasuk me­lengkapi koleksi buku dan judul karena sejauh ini untuk menambah koleksi buku.

Selain menggunakan dana daerah, juga masih me­ngan­dalkan buku buku sum­ba­ngan dari pemerintah pusat dan pihak lainnya,” pung­kasnya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar