Home / Arsip / Pentingnya Arsip bagi Kehidupan Manusia Maupun Bangsa

Pentingnya Arsip bagi Kehidupan Manusia Maupun Bangsa

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Pentingnya Arsip bagi Kehidupan Manusia Maupun Bangsa.

Dunia Perpustakaan | Arsip merupakan satu hal penting untuk mencatat suatu peristiwa ataupun perjalanan hidup seseorang maupun bangsa.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (KPADok) Bontang Karlina sangat sepakat dengan manfaat dari pengarsipan. Melalui kunjunganBontang Post ke KPADok kemarin, Karlina yang didampingi Kepala Seksi Perpustakaan Henny Roosiana, Kepala Seksi Kearsipan dan Dokumentasi Syahrul, dan Fendi Susilo sebagai  Arsiparis Pelaksana Lanjutan mengatakan, dalam perkembangan dan kemajuan saat ini hampir dapat dipastikan bahwa segalanya tergantung kepada dokumen.

Baik itu di dunia pemerintahan atau swasta. Dokumen dianggap sangat berperan penting dalam proses kegiatan apapun dalam mencari informasi.

Dikutip dari prokal.co, [22/09/16]. “Ambil contoh kecilnya saja, ibu-ibu yang biasa mengumpulkan catatan kecil seperti belanjaan. Kalau kita mengumpulkan catatan kecil, ibu lihat daftar belanjaan, harga, dan lainnya, sangat mengasikkan,” ujar dia.

Selain catatan kecil, arsip keluarga juga tak kalah pentingnya. Arsip keluarga dalam hal ini dapat diartikan menata dokumen dan barang yang ada di rumah menjadi arsip yang mudah diakses dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

“Contohnya mengumpulkan surat-surat penting layaknya ijasah, akta kelahiran, surat-surat kendaraan, dan lain sebagainya,” kata Karlina.

Terkait menumbuhkan minat penyusunan arsip keluarga kepada warga, Karlina juga mengatakan media mempunyai peran penting. Karena melalui media, manfaat pengarsipan yang disampaikan KPADok dapat tersampaikan.

“Tak hanya arsip, mengundang minat baca juga bisa melalui media. Sehingga pesan yang kami beri bisa diterima oleh masyarakat luas,” kata dia.

Sementara itu Direktur Bontang Post Agus Susanto mengatakan, saat ini KPADok sangat maju di bawah kepemimpinan Karlina. Banyak fasilitas-fasilitas perpustakaan yang dimaksimalkan guna menambah kenyamanan para pengunjung.

“Sekarang di KPADok selain ada perpustakaan ada juga kafe, ada lapangan bulu tangkis, dan ada taman yang bagus di belakang gedung. Tentu ini menjadi hal yang positif untuk para pengunjung,” kata  Agus.

Terkait hubungan relasi antar Bontang Post dan KPADok, Agus mengatakan saat ini  sudah terjalin sangat baik. Bahkan, KPADok sudah berkerjasama dengan Bontang Post sejak kepala masih dijabat Asdar Ibrahim.

“Bu Karlina ini sudah kami anggap sebagai keluarga. Dan KPADok sudah lama menjadi mitra Bontang Post sejak pak Asdar, pak Doby, sampai sekarang bu Karlina. Dan saat ini ditangan bu Karlina KPADok semakin baik, banyak perubahan yang positif. Semoga perpustakaan ini menjadi yang terbaik se-Kaltim,” ujarnya.

Dalam kunjungan kemarin, awak Bontang Post juga diajak untuk melihat proses pengarsipan koran. Salah satu koran yang diarsipkan adalah Bontang Post. Kertas-kertas koran yang sudah dikumpulkan sejak 2013 lalu, diikat, dijahit, dan dimasukkan kedalam kotak menjadi satu, bulan per bulannya.

Kepala Seksi Perpustakaan Henny Roosiana mengatakan, pengarsipan koran sudah dilakukan sejak tahun lalu. “Nah, jika warga ada yang ingin melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di daerah bisa melihat kembali di koran yang sudah diarsipkan ini. Selain koran, perpustakaan juga akan menginventaris semua karya warga Bontang ,” terang Henny.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar