Home / Artikel Perpustakaan / Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Ilmu di Kehidupan Masyarakat

Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Ilmu di Kehidupan Masyarakat

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Ilmu di Kehidupan Masyarakat.

Dunia Perpustakaan |  Buku adalah “Jendela Dunia”. Istilah itu tampaknya tidak berlebih untuk mengartikan Buku sebagai Khazanah Kita untuk memperluas Pengetahuan. Dengan Buku Kita dapat mengetahui apa yang tidak Kita ketahui sebelumnya. Buku juga merupakan sebagai Media yang tepat untuk mempelajari segala sesuatu hal yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan. Karena Buku dekat dengan Pengetahuan.

Lalu dimana Kita dapat memperoleh hal tersebut ? Terpenting untuk memperoleh Informasi yang diperlukan, dengan tujuan Ilmu Pengetahuan. Terlebih jauh dari itu,  diperlukan sebagai Media Penghibur Diri dengan adanya berbagai jenis Buku yang tersedia.

Perpustakaan dirasa sebagai sarana yang tepat, untuk Kita memperoleh Informasi, saling bertukar pikiran, bahkan menjadi ajang bagi Komunitas Pembaca untuk mensosialisasikan Kegiatan Membaca Buku, serta Peran Perpustakaan sebagai salah satu Sarana Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa !

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah tempat koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang kebanyakan tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Tetapi, dengan koleksi dan penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi, banyak perpustakaan kini juga merupakan tempat penyimpanan dan/atau akses ke map, cetak atau hasil seni lainnya, mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki dari manusia.

Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (Dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan Internet)

Peran Perpustakaan

Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar. Perpustakaan terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada.

Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan

Tujuan Perpustakaan

tujuan-perpustakaan

Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:

  1. Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan
  2. Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
  3. Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik
  4. Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia
  5. Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya
  6. Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa
  7. Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial
  8. Serta secara khusus, Dapat memperoleh Informasi yang berguna, sesuai dengan Salah Satu Tujuan Negara yaitu :
    Mencerdaskan Kehidupan Bangsa !

Hubungan Perpustakaan Dengan Bacaan

membca

Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan. Karena di perpustakaanlah bahan pustaka dikumpulkan, diproses, dan disebarluaskan (didistribusikan) kepada para Pembaca/Pemakai perpustakaan.

Adapun koleksi perpustakaan di negara kita sebagian besar berupa buku atau book material dan masih jarang perpustakaan yang memiliki koleksi berupa non-book material seperti film, kaset film strip, slides, piringan hitam, peta, globe, dan sebagainya

Link : https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan

Perkembangan Perpustakaan

Perpustakaan Digital - Perkembangan Dalam Dunia Perpustakaan
Perpustakaan Digital – Perkembangan Dalam Dunia Perpustakaan

 

Dalam perkembanggannya Perpustakaan Kini, tidak hanya diartikan sebagai Tempat dalam wujud fisik (Nyata), berupa : Gedung. Perpustakaan yang secara harfiah mempunyai makna Sarana Koleksi Buku, dan Majalah untuk memperoleh informasi.

Dalam perkembangannya Perpustakaan dapat dilakukan secara Digital atau melalui sistem Aplikasi yang dapat Kita unduh, akan tetapi Gedung Perpustakaan, dalam kehidupan Modern, perannya juga tidak dapat dikesampingkan.

Selain sebagai sarana untuk memperoleh Informasi, Sarana Interaksi Sosial dan Komunal seperti : Tempat Kumpulnya berbagai Komunitas Membaca, Kegiatan Bedah Buku oleh beberapa Pengarang, hingga Sosialisasi Membaca Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, juga menjadi Hal Penting Bagi Fungsi Gedung Perpustakaan di dalam Kehidupan Masa Kini.

Sumber: 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *