Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpusda Mencanangkan Pembuatan Perpustakaan di Setiap Desa
Ilustrasi Perpustakaan

Perpusda Mencanangkan Pembuatan Perpustakaan di Setiap Desa

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Perpusda Mencanangkan Pembuatan Perpustakaan di Setiap Desa.

Dunia Perpustakaan | Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Musi Rawas (Mura) Supriyanto melarang kepala Desa membangun perpustakaan di dekat kuburan.

Menurutnya, untuk meningkatkan minat baca di masyarakat selain memberikan pelayanan terbaik juga harus mempertimbangkan letak strategis.

Untuk menggebrak minat baca masyarakat di Mura, Kantor Perpustakaan Daerah mencanangkan pembuatan perpustakaan di setiap Desa. Rencananya, setiap desa akan menganggarkan sekitar Rp20 juta khusus untuk perpustakaan itu.

“Di wilayah kita sudah ada dua wilayah yang akan mendirikan perpustakaan desa menggunakan dana desa. Saya menekankan mereka jangan membangun perpustakaan di dekat kuburan, tapi bangunlah perpustakaan itu ditempat yang ramai supaya banyak warga yang membaca,” kata Supriyanto, dikutip dari sumeks.co.id [1/6].

Dia juga menyarankan kepada pengelola perpustakaan desa agar tidak menggunakan kunci pada lemari buku, dengan alasan koleksi buku mereka takut hilang atau dicuri.

Penggunaan kunci itu akan menjadi mindset tersendiri bagi para pengunjung dan memberikan kesan harga buku mahal dan tidak boleh dipinjam. Padahal tujuan membangun perpustakaan untuk meningkatkan minat baca.

“Jangan pakai kunci diraknya, jangan takut hilang kalau bukunya hilang kita beli lagi. Berikan akses seluas-luasnya kepada warga untuk membaca, jika ada buku yang dicuri sudah tentu buku itu akan dibaca,” ujarnya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar