Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpusda Pekalongan Gelar Pameran Buku dan Arsip
Ilustrasi

Perpusda Pekalongan Gelar Pameran Buku dan Arsip

Perpusda Pekalongan Gelar Pameran Buku dan Arsip.

Dunia Perpustakaan | Dalam rangka menumbuhkan semangat membaca, Perpusda Kabupaten Pekalongan menggelar Pameran Buku dan Arsip serta Jambore Perpustakaan Kabupaten Pekalongan Tahun 2016 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen Kabupaten Pekalongan. Kegiatan tersebut digelar bertepatan dengan HUTKe-394 Kabupaten Pekalongan.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pekalongan, Tutik Iriyanti mengungkapkan, kegiatan ini akan digelar dari tanggal 22 sampai dengan 26 Agustus 2016 dengan mengangkat tema Budayakan Membaca Menuju Kajen Kabupaten Literasi.

”Maksud dan tujuan pameran buku dan arsip ini sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif perpus daerah dan arsip Kabupaten Pekalongan dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat.

Dikutip dari suaramerdeka.com, [23/08/16]. Di samping itu, juga untuk membuka cakrawala berpikir masyarakat khususnya Kabupaten Pekalongan agar menjadi masyarakat yang cinta dan peduli pada buku, serta untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan informasi,” kata dia.

Tujuan lainnya, imbuh dia, adalah untuk menumbuhkan, merangsang, mengembangkan dan memelihara minat baca masyarakat, serta melestarikan karya ilmu pengetahuan dan teknologi. ”Kegiatan ini juga dimeriahkan berbagai lomba dari mulai anak-anak PAUD, SD, SMP, SMA juga masyarakat umum. Termasuk juga diadakan Workshop penulisan dan mendongeng, serta bedah buku,” terang dia.

Pada kesempatan ini, jelas dia, pihaknya juga mengadakan Jambore Pengelola Perpustakaan yang akan dilaksanakan selama 2 hari (tanggal 22 hingga 23 Agustus 2016) di halaman Kantor Perpusda.

”Jambore ini diikuti oleh sekitar 150 peserta yang terdiri atas Perwakilan Pengelola Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM), rumah ibadah, perguruan tinggi, SMP, SMA, dan Ikatan Pustakawan Sekolah Dasar serta dari Perpustakaan Desa,” tambah Tutik.

Sementara itu Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, mengajak semua yang hadir untuk terus menerus meningkatkan budaya membaca lantaran budaya membaca di Kota Santri belum menggembirakan dibanding negara-negara maju.

”Bangsa yang maju adalah bangsa yang mencintai buku,” ujarnya. Lebih lanjut Asip menyampaikan harapannya agar acara ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menambah koleksi khasanah pustaka yang dimilikinya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *