Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpusdes Pertama di Kecamatan Tulis Telah Diresmikan
Foto: radarpekalongan.com

Perpusdes Pertama di Kecamatan Tulis Telah Diresmikan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Perpusdes Pertama di Kecamatan Tulis Telah Diresmikan.

Dunia Perpustakaan | Perpustkaan Desa (Perpusdes) Kaliboyo Kecamatan Tulis diresmikan Minggu (28/8). Perpusdes Kaliboyo sendiri menjadi perpusdes pertama di Kecamatan Tulis. Acara peresmian digelar beberengan dengan peryaan HUT RI ke 71 Desa Kaliboyo. Dengan peresmian Perpusdes ini diharapkan dapat mendorong kemunculan perpusdes di desa lain di kecamatan Tulis.

“Alhamdulillah di Desa Kaliboyo ini sudah terbentuk Perpusdes. Kami berharap dengan ini dapat mendorong potensi desa lain untuk membangun Perpusdes. Karena di Tulis ini, baru Perpusdes Kaliboyo yang pertama kali berdiri. Sehingga mudah-mudahan dengan ini dapat mendoromg desa-desa lain untuk membangun Perpusdes,” harap Camat Tulis, Trijanto SSos MM, saat menghadiri peresmian persputakaan.

Dikutip dari radarpekalongan.com, [29/08/16]. Sementara itu, Kepala Desa Kaliboyo, Wahyu Sutejo SE, menjelaskan, bahwa peresmian Perpusdes sendiri sengaja digabung dengan perayaan HUT RI desa Kaliboyo dan peresmian pasar. Hal ini dilakukan untuk menambahkan kemeriahan acara.

Selain peresmian perpusdes, berbagai rangkaian acara pun digelar. Seperti jalan sehat, aneka lomba khas perayaan HUT, sarapan bersama dan masih banyak yang lainnya yang juga diramaikan oleh warga, ibu-ibu PKK dan TK PAUD yang ada di Kaliboyo.

Ia menambahkan, Perpusdes di desanya sendiri sudah mulai terbentuk sejak tahun 2014 lalu. Namun karena adanya kendala dan kekurangan di beberapa fasilitas, pihaknya baru meresmikannya tahun 2016 ini. Selain dihadiri Camat Tulis, acara ini juga dihadiri beberapa perwakilan dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Batang.

“Alhamdulillah untuk Perpusdes desa kami sudah diresmikan. Meski saat ini hanya masih berupa ruangan kecil kami berharap nantinya Perpusdes ini dapat berkembang dan dapat menambah minat baca warga. Kami pun sudah menmbahkan fasilitas internet untuk kemudahan akses di Perpusdes ini,” imbuhnya.

Diwawancarai secara terpisah, Ketua Pengelola Perpusdes Kaliboyo, Mintarsih Puji Kurniawati, memaparkan Perpusdes Kaliboyo ini tidak hanya sekadar digunakan untuk membaca saja. Tetapi juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan peningkatan ketrampilan bagi warga. Seperti pelatihan komputer, senam ibu hamil, latihan menari dan lainnya.

Disamping itu, pihaknya berharap kedepannya Perpusdes Kaliboyo dapat memiliki gedung sendiri. Pasalnya saat ini perpusdes masih menempati gedung dengan ukuran 4x8m di area balai desa. Sehingga ruang baca, runag komputer dan kantor belum terpisah-pisah.

“Selain bisa meningkatkan minat baca, kami juga berharap kehadiran perpusdes ini juga dapat mengasah ketrampilan masyarakat. Karena di sini kami juga mengadakan berbagai ketrampilan. Kami juga berharap semoga tahun 2017, harapan kami untuk memiliki gedung sendiri yang lebih mewadahi dapat terealisasi,” harap perempuan yang kerap disapa Bu Puji ini.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar