Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Akan Melengkapi Taman Monjari
Ilustrasi , (pic: haiqaz.blogspot.com)

Perpustakaan Akan Melengkapi Taman Monjari

Perpustakaan Akan Melengkapi Taman Monjari.

Dunia Perpustakaan | Taman Monumen 45 Banjarsari (Monjari) menurut rencana bakal dilengkapi perpustakaan, sebagai fasilitas pelengkap bagi pengunjung. Komisi II DPRD Surakarta akan mengusulkan anggaran untuk mewujudkan perpustakaan tersebut pada pembahasan APBD 2017.

Sekretaris Komisi II, Supriyanto mengatakan, Taman Monjari saat ini sedang dibenahi, yakni area taman akan dibagi menjadi empat blok untuk kegiatan edukasi, rekreasi, olahraga dan kesehatan. ”Agar kegiatan edukasi bisa lebih baik, rencananya akan ditempatkan perpustakaan sebagai fasilitas penunjang.

Sifatnya permanen, dengan spaceyang tidak terlalu besar. Mungkin 4 x 10 meter, ditambah ruang baca yang terbuka. Ada fasilitas MCK untuk kenyamanan pengunjung perpustakaan,” katanya.

Dengan adanya perpustakaan, fungsi taman akan lebih optimal. Selain itu, adanya kegiatan edukasi lewat perpustakaan bisa menumbuhkan image positif terhadap taman.

Dikutip dari suaramerdeka.com, [21/09/16]. ”Adanya perpustakaan akan membuat Taman Monjari tidak sekadar taman yang biasa. Tapi ada nilai pendidikan yang lebih dalam. Apalagi di sini ada monumen perjuangan. Taman menjadi lebih hidup, tidak landai-landai saja,” tuturnya.

Fasilitas Bermain

Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk mendirikan perpustakaan di Taman Monjari? Supriyanto menyebut, kemungkinan cukup dengan dana Rp 200-an juta. ”Nanti diusulkan di pembahasan APBD 2017. Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk merealisasi,” imbuhnya.

Selain rencana pendirian perpustakaan, Taman Monjari juga akan dilengkapi fasilitas bermain untuk anak-anak, yang pemenuhannya dilakukan lewat program Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Solo.

Supriyanto menyebutkan, sudah ada perusahaan yang bersedia menyalurkan dana bantuan untuk pemenuhan fasilitas bermain anak-anak di taman tersebut. ”Kami sudah mendapat laporan, ada salah satu perusahaan yang bersedia menyalurkan CSR-nya ke Taman Monjari. Nanti kalau pekerjaan penataan taman sudah selesai, akan disalurkan,” tuturnya.

Penataan Taman Monjari, saat ini masih berlangsung. Dianggarkan Rp 2,3 miliar lebih, pekerjaan sudah dimulai 28 Juni lalu, dengan jangka waktu pekerjaan 120 hari dan jangka waktu pemeliharaan 180 hari.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *