Home / Berita Perpustakaan / Mancanegara / Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia!

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia!

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia!

Dunia Perpustakaan | Jika anda disuruh bayar saat masuk perpustakaan, bersediakah anda?

Kalau pertanyaan tersebut diatas ditujukan untuk rata-rata orang di Indonesia, tentunya akan jadi tertawaan.

Sebagian mungkin akan langsung berkomentar,

“Jangankan disuruh bayar, gratis saja tidak banyak yang mau datang ke perpustakaan!”

[Baca juga: Netizen Indonesia, Minat Baca Rendah, Tapi Paling Cerewet di Dunia!]

Namun hal tersebut tidak terjadi di Rusia, khususnya untuk mereka yang suka datang ke Perpustakaan dengan tiket masuk termahal di dunia.

Ya, sebuah perpustakaan bernama Perpustakaan Book Capella, menjadi salah satu perpustakaan dengan tiket masuk paling mahal di dunia.

Dikutip dari republika.co.id, dilansir dari The Guardian, disebutkan jika Perpustakaan Book Capella di pusat St Petersburg, Rusia menjadi perpustaan yang memiliki tiket masuk paling mahal di dunia.

Untuk membaca selama empat jam, setiap orang dikenakan 100 pounsterling atau setara dengan Rp1,6 juta.  Perpustakaan tersebut terbilang mewah karena dilengkapi permadani, kursi kulit, lilin, patung kayu dan sejumlah tokoh.

Selain itu, koleksi Book Capella cukup lengkap dan berasal dari abad 16 sampai abad 19. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda untuk pembaca dengan akses gratis menikmati di perpustakaan umum Rusia.

“Seratus pound per kunjungan tentu bukan harga rendah, tetapi lebih murah daripada tiket ke opera atau balet. Orang-orang tidak benar-benar terkejut dengan harga itu sendiri. Mereka terkejut bahwa itu harga untuk kunjungan ke perpustakaan,” kata kata Irina Khoteshova, direktur proyek, dilansir dari laman The Guardian, Kamis (16/2).

Koleksi Book Capella mencapai 5.000 buku yang sepenuhnya diterbitkan St Petersburg penerbit Alfaret, juga pemilik, dan penggagas proyek.

gambar: flickr.com

Buku-buku individu memiliki harga rata-rata 400 pound (Rp 6,6 juta) sampai 700 pound (Rp 11,6 juta).

Semua buku tertanggal dari abad 16 sampai 19, dan ditampilkan dalam ruangan tematik, dengan nama The Book of Wars dan The Book of Travels.

Bagaimana, anda pengin kesana?

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar