Home / Berita Perpustakaan / Perpustakaan Daerah Kudus Siapkan Katalog Buku dengan Sistem Komputerisasi
Ilustrasi

Perpustakaan Daerah Kudus Siapkan Katalog Buku dengan Sistem Komputerisasi

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Perpustakaan Daerah Kudus Siapkan Katalog Buku dengan Sistem Komputerisasi.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Daerah Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan katalog aneka judul buku bacaan dengan sistem komputerisasi guna memberikan kemudahan terhadap masyarakat umum yang berkunjung ke perpustakaan.

“Dengan sistem komputerisasi, pengunjung tentunya lebih mudah dalam mencari keberadaan buku yang hendak dipinjam,” kata Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kudus Nanang Usdiarto di Kudus, Kamis [08/16].

Selain itu, kata dia, dengan sistem komputerisasi pengunjung juga bisa mengetahui status buku tersebut sedang dipinjam atau tidak.

Selama ini, kata dia, pengunjung yang hendak meminjam buku dengan judul tertentu harus mencarinya secara manual di setiap rak buku, sedangkan sistem komputerisasi cukup mencatat nomor bukunya dan terdapat pada rak urutan berapa.

Untuk mendukung sistem komputerisasi tersebut, kata dia, saat ini tersedia belasan komputer, sehingga ketika pengunjung sedang ramai semua komputer bisa dioperasikan.

Dalam rangka mempersiapkan sistem komputerisasi katalog buku, kata dia, saat ini telah dianggarkan dana Rp50-an juta.

Adanya kemudahan tersebut, dia berharap, bisa mendongkrak minat baca masyarakat di Kudus, khususnya pelajar yang berkunjung ke perpustakaan juga semakin meningkat.

Dalam rangka mendorong minat baca masyarakat, kata dia, hampir semua desa dan kelurahan di Kudus dilengkapi dengan perpustakaan.

Dikutip dari rimanews.com, [11/08/16]. Desa yang sudah memiliki gedung perpustakaan sendiri, kata dia, tercatat baru satu desa, yakni Desa Margorejo. “Secara periodik kami lakukan monitoring guna mengetahui kondisi perpustakaan desa tersebut,” ujarnya.

Upaya lain yang dilakukan untuk menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan, yakni dengan memperbanyak koleksi buku bacaan pada 2016 mencapai 2.500 buku, sedangkan koleksi yang ada saat ini 23.000 buku dari berbagai disiplin ilmu.

Dalam penambahan koleksi buku baru tersebut, kata dia, selalu melibatkan pembaca yang sering mengunjungi perpustakaan.

“Pengunjung perpustakaan yang tidak mendapatkan koleksi buku yang diinginkan, biasanya menulis saran. Setelah dipertimbangkan akhirnya direspons, termasuk menambah koleksi buku novel yang penjualannya paling laris di pasaran,” ujarnya.

Hal itu, kata dia, semata-mata demi menarik minat masyarakat Kudus untuk berkunjung ke perpustakaan. Hasil pendataan selama ini, kata dia, jumlah pengunjung perpustakaan dalam sebulan bisa mencapai 2.218 orang dari berbagai kalangan.

Pengunjung perpustakaan yang paling mendominasi, kata dia, berasal dari kalangan pelajar, disusul mahasiswa, masyarakat umum, dan pegawai.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar