Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Digital iKaltim, Mudahkan Masyarkat Meminjam dan Membaca Buku
Ilustrasi (Pic: visionaustralia.org)

Perpustakaan Digital iKaltim, Mudahkan Masyarkat Meminjam dan Membaca Buku

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Perpustakaan Digital iKaltim, Mudahkan Masyarkat Meminjam dan Membaca Buku.

Dunia Perpustakaan | Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan pengembang aplikasi PT Woolu Aksara Maya (Aksaramaya) meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang diberi nama iKaltim. Aplikasi ini memudahkan masyarakat meminjam dan membaca buku tanpa mengunjungi langsung perpustakaan.

“Aplikasi perpustakaan digital iKaltim menjadi sumber informasi dan inspirasi masyarakat,” kata Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur Dra. Ardiningsih saat soft launch aplikasi iKaltim, seperti dikutip dari keterangan pers diterima Republika.co.id, Senin (1/8). “Masyarakat dapat meminjam dan membaca buku di mana saja dan kapan saja.”

Pengguna digital di Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun. Berdasarkan dari salah satu sumber, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 sekitar 83,8 juta dan terus meningkat hingga 93,4 juta di tahun 2015. Tingginya pengguna Internet di Indonesia, dipandang sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk membentuk cyber society khususnya di Kalimantan Timur dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satunya melalui iKaltim.

Sebagai perpustakaan digital, iKaltim disebut sejalan dengan tujuan dan sasaran kerja Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur. Di antaranya menciptakan jasa layanan perpustakaan yang berkualitas, berbasis teknologi informasi, menyediakan koleksi bahan bacaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta terwujudnya perpustakaan jenis lain yang dapat didayagunakan oleh masyarakat.

Sementara itu, CEO PT Woolu Aksara Maya Sulasmo Sudharno mengatakan, membangun budaya membaca merupakan tanggung jawab bersama. “Kehadiran iKaltim sebagai aplikasi perpustakaan digital yang pertama di Kalimantan merupakan wujud dari kolaborasi antara Pemerintah, penerbit, penulis dan pengembang teknologi, untuk meningkatkan minat baca di era sosial media” papar dia.

Sulasmo mengatakan keunikan iKaltim adalah masyarakat bisa berperan aktif membuat perpustakaan pribadi dan meminjamkan koleksi yang dimiliki kepada masyarakat sesuai dengan jumlah copy buku yang telah dibeli. “Tanpa ada rasa  takut tidak dikembalikan karena buku akan kembali secara otomatis apabila jangka waktu peminjaman sudah berakhir,” ujar dia.

Peluncuran (soft launch) aplikasi iKaltim dilaksanakan bersamaan dengan acara Gerakan Peduli Masyarakat Miskin (Dhuafa) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, bertempat di Convention Hall di Jalan Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda.  Peluncuran iKaltim ini sekaligus hadiah kepada Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak yang merayakan ulang tahun ke-68 pada 31 Juli 2016.

Saat ini, iKaltim mendapat banyak dukungan dari sejumlah penerbit buku. Koleksi buku yang ada dalam ePustaka disebut akan terus bertambah sehingga masyarakat memiliki kesempatan untuk mengakses buku lebih banyak

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar