Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Harus Jadi Kebutuhan Warga!
ILUSTRASI

Perpustakaan Harus Jadi Kebutuhan Warga!

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Perpustakaan Harus Jadi Kebutuhan Warga!

Dunia Perpustakaan | Alasan atas rendahnya minat baca di berbagai daerah selalu jadi alasan utama atas perjuangan literasi di Indonesia.

Padahal lebih tepatnya itu bukan minat baca yang rendah, melainkan fasilitas perpustakaan yang buruk dan mahalnya bukulah yang jadi penyebab kenapa orang malas berkunjung ke perpustakaan dan baca buku.

Keterbatasan kondisi dan juga kekurangan fasilitas perpusatkaan daerah berdampak rendahnya minat baca di masyarakat. Ditambah lagi persepsi masyarakat yang masih menganggap sebelah mata keberadaan perpustakaan, memicu rendahnya para pelajar berkunjung ke perpustakaan daerah.

Dikutip dari pikiran-rakyat.com, Anggota Komisi X, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), Reni Marlinawati mengatakan, seharusnya perpustakaan daerah telah menjadi bagian dari kebutuhan warga.

“Seharusnya keberadaan perpustakaan bukan sekadar mengisi waktu, tapi merupakan kebutuhan. Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat membaca tetapi menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari. Terutama bagi para pelajar dan mahasiswa,” katanya disela-sela penyerahan mobil perpustakaan keliling di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi, Kamis 22 Desember 2016.

Karena itu, dia menuturkan, pemerintah daerah harus segera mengubah berbagai strategi pelayanan perpustakaan. Keberadaan perpustakaan harusnya tidak lagi menjadi ruang yang sepi. Namun juga harus dilengkapi fasilitas ruang berdiskusi, berdebat dan untuk menyalurkan minat dan bakat.

Sementara itu Walikota Sukabumi, Mohammad Muraz mengatakan mobil perpustakaan keliling yang diperoleh hibah dari Perpustakaan Nasional diharapkan dapat mendorong minat baca masyarakat. Apalagi keberadaannya, sangat bermanfaat untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan memaksimalkan literasi Kota Sukabumi sebagai Kota literasi.

“Bantuan mobil operasional untuk kedua kalinya, diharapkan dapat melayani warga untuk mendapatkan buku bacaan. Karena itu, mobil harus segera dioperasionalkan secepatnya,” katanya.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu menyebutkan, secara keseluruhan dari Januari hingga November 2016 tercatat sebanyak 86 ribu pengunjung yang datang ke perpustakaan daerah. Mereka berasal dari para pelajar mulai TK hingga kalangan SMA serta mahasiswa perguruan tinggi (PT).

“Selain itu pengunjung dari kalangan umum seperti pekerja kantoran, pegawai swasta, dan lain warga lainnya,” katanya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar