Home ::: Berita Perpustakaan ::: ‘Perpustakaan Jalanan’ Ajak Masyarakat Refresh Pengetahuan
perpustakaan jalanan di lang-lang

‘Perpustakaan Jalanan’ Ajak Masyarakat Refresh Pengetahuan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

‘Perpustakaan Jalanan’ Ajak Masyarakat Refresh Pengetahuan.

Dunia Perpustakaan | Library on The Road atau Perpustakaan Jalanan adalah sebuah gagasan yang digalakkan Pelajar Islam Indonesia (PII) Bontang setiap dua Minggu sekali di Stadion Bessai Berinta (Lang-lang), pukul 07.00 Wita hingga 10.00 Wita. Tujuannya, untuk menumbuhkan minat masyarakat gemar membaca, agar bisa menambah pengetahuan dan menyegarkan otak.

Sekretaris Umum PII Bontang, Chairoh Ulfah mengatakan, mulanya Perpustakaan Jalanan adalah hasil memutasi kegiatan serupa yang telah dilaksanakan PII Samarinda. Tujuannya, selain mengetahui animo masyarakat Bontang dalam membaca buku. Juga untuk mengkampanyekan budaya membaca dalam masyarakat.

“Selain ingin survei langsung, ingin mengembalikan budaya membaca sesuai gerakan Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) yang bergerak di sekolah. Nah, kami ingin bergerak di masyarakat,” kata dia, kemarin (22/5).

Dia menambahkan, sengaja menggelar di Stadion Lang-lang yang notabene adalah tempat berolahraga. Karena ingin memberi seruan, kalau otak juga memerlukan nutrisi lewat membaca buku.

“Kami menggelar di Lang-lang, sehingga kesehatan tidak hanya lewat berolahraga. Kalau olahraga, yang sehat anggota tubuhnya. Namun otak juga perlu di-refresh dengan pengetahuan lewat membaca,” timpalnya.

Rencananya, PII Bontang terus konsisten mengadakan Perpustakaan Jalanan setiap dua minggu sekali di Stadion Lang-lang. Sementara sejak kemarin (22/5), sekitar 120 buku sudah disediakan untuk para pembaca. Dengan beragam jenisnya, mulai dari komik, buku motivasi, cerita anak, pengetahuan, novel, serta kisah inspiratif lainnya.

Dikutip dari prokal.co, [24/05/16]. Ulfah mengatakan, animo masyarakat terhadap Perpustakaan Jalanan sangat besar.

“Awalnya kami dikira jualan oleh beberapa orang. Tapi yang lebih banyak tertarik anak-anak SD (Sekolah Dasar) yang kemudian memanggil orang tua dan akhirnya orang tuanya tertarik juga,” pungkasnya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar