Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Kanaan Siap Bersaing di Tingkat Provinsi

Perpustakaan Kanaan Siap Bersaing di Tingkat Provinsi

Perpustakaan Kanaan Siap Bersaing di Tingkat Provinsi.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Kelurahaan Kanaan berhak mewakili Bontang dalam penilaian lomba perpustakaan tingkat provinsi. Prestasi ini setelah perpustakaan Kelurahaan Kanaan dinyatakan masuk daftar 10 besar kelurahan terbaik se-Kaltim. Nantinya, ke-10 perpustakaan terbaik di tingkat Kaltim ini akan dinilai lagi untuk menentukan yang terbaik.

Pustakawan KPAD Bontang, Pesmo Aprihandono mengatakan, awalnya KPAD meminta seluruh kelurahan di Kota Bontang melakukan pengisian data perpustakaan masing-masing kelurahan.

Setelah lengkap, dilanjutkan pengiriman berkas ke Badan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), untuk dilakukan penyeleksian menentukan 10 besar. Dari hasil tersebutlah, nantinya akan dilakukan penilaian kepada perpustakaan terpilih dalam lomba perpustakaan kelurahan tingkat provinsi.

”Kelurahan Kanaan terpilih mewakili Bontang, dalam penilaian perpustakaan kelurahan tingkat provinsi. Sehingga, Senin (23/5) lalu, pihak provinsi datang meninjau langsung Perpustakaan Kanaan untuk dilakukan proses penilaian,” ujarnya, Selasa (24/5) kemarin.

Dia menambahkan, kalau melihat indikator penilaian di tahun-tahun sebelumnya, penilaian dilakukan  dengan cara melihat pada sistem manajemen serta sarana dan prasarana.

Karena dari sistem tersebut, bisa dilihat cara penerapan manajemen yang langsung berpengaruh kepada kepuasan di tingkat pengunjung.

”Karena peninjauan pada pagi hari, tim penilai dari provinsi belum melihat pengunjung, maka yang dinilai hanya bagian manajemen, sarana, dan prasarana saja.

Karena perpustakaan kanaan ini aktif dan banyaknya pengunjung pada sore hari, besar harapan kami tahun ini tertuju pada kanaan, yang masih menunggu hasil dari penilaian provinsi.

Karena perpustakaan sempat mendapatkan nilai lebih hasil dari keterlibatan masyarakat seperti menyumbangkan buku,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Kanaan, Rony Apriansyah menambahkan, awalnya kelurahan diberi form untuk mengisi kelengkapan perpustakaan, tata cara menjalankan, daftar buku, dan keaktifan.

Tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi lomba tingkat provinsi ini. Karena aktivitas perpustakaan sudah berjalan seperti biasa, seperti peminjaman buku, kegiatan membaca, belajar, mencari referensi, dan internetan.

Dikutip dari porkal.co [05/16]. ”Kami hanya tinggal merapikan dan menertibkan yang dianggap masih kurang saja. Karena perpustakaan kami yang dipilih, semoga bisa menjadi pemenang untuk mengharumkan nama Bontang melalui lomba perpustakaan ini, dalam mewujudkan smart city,” tukasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *