Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Keliling Arahkan Anak Gemar Membaca

Perpustakaan Keliling Arahkan Anak Gemar Membaca

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Perpustakaan Keliling Arahkan Anak Gemar Membaca.

Dunia Perpustakaan | Meningkatkan minat baca pelajar, Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Malinau mulai kembali merutinkan kegiatan perpustakaan keliling. Jadwal kunjungan dilaksanakan selama 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan 3 unit mobil operasional.

Dijelaskan Kasi Perpustakaan keliling Jahri Padly, sebelumnya kegiatan ini memang sempat vakum karena beberapa hal. “Maka sejak awal April kami mulai kembali ke sekolah-sekolah,”ujarnya.

Dikutip dari porkal.co, [14/05/16]. Diungkapkan, sebelum merambah sejumlah sekolah dasar yang tersebar di beberapa kecamatan, kantor Perusda terlebih dahulu menjalin koordinasi dengan pihak sekolah. “Jadi dalam sekali kunjungan, sekolah memberi waktu baca untuk anak-anak didik selama tiga jam,” ujar Padly.

Kegiatan baca buku dilaksanakan di alam terbuka, seperti teras kelas, taman, dan halaman sekolah. Lanjutnya, program perustakaan keliling ini merupakan program pembinaan dalam rangka meningkatkan minat baca anak.

Maka buku-buku yang disediakan juga disesuaikan dengan usia dan kebutuhan belajar anak. Ditambahkan dia, sementara ini Perpusda masih menyasar pelajar SD. Ke depan, jika koleksi buku yang dibutuhkan sudah tersedia lengkap, rencananya Perpusda juga akan menyasar bocah TK.

“Sementara kami masih fokus pelajar SD. Sekaligus memberi pembinaan ke perpustakaan sekolah,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan penataan perpustakaan sekolah yang baik anak-anak juga akan tertarik untuk membaca. Demikian juga  yang terjadi pada perpustakaan keliling.  Para pelajar SD dinilainya sangat antusias membaca.

“Keingintahuan anak-anak ini sangat besar, tinggal ka,i arahkan aja supaya gemar membaca. Sekaligus mengimbangi arus globalisasi. Jangan sampai anak dibiarkan terlena aktivitas  yang tidak bermanfaat,” tukasnya

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *