Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Keliling Selalu Dinanti Para Pembaca
Ilustrasi (Pic: m.solopos.com)

Perpustakaan Keliling Selalu Dinanti Para Pembaca

Perpustakaan Keliling Selalu Dinanti Para Pembaca.

Dunia Perpustakaan | Hanya diberikan waktu satu jam membaca dan hanya mencakup dua sekolah tiap harinya, perpustakaan keliling yang dioperasikan oleh Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (KPADok) Bontang  ini selalu ramai dinanti pembaca.

Pasalnya, walau waktu yang  diberikan mulai dari pukul 08.00-12.00 Wita tidak mencukupi untuk mendatangi banyaknya sekolah yang ada di Kota Bontang, Perpus berjalan ini selalu ramai dan diminati pembaca, khususnya oleh anak-anak sekolah, baik itu SD, SMP, SMA/SMK disetiap kunjungannya.

Kepala Seksi Perpustakaan KPADok Bontang, Henny Roosiana mengatakan, ternyata perpus keliling ini sangat diminati. Karena setiap kunjungannya selalu dinanti dan dipenuhi anak-anak sekolah. Bahkan, saking ramainya KPADok hanya bisa melayani dengan waktu yang cukup terbatas.

Mengutip dari sumber prokal.co, [31/07/16]. Karena hanya memiliki satu unit saja. Agar tetap mempertahankan tingginya minat baca dari anak-anak tersebut, bahkan bisa membuat semakin meningkat lagi, tahun depan KPADok berencana akan menambah armada.

“Tahun depan kita sudah mengajukan permohonan penambahan armada di Perpustakaan Nasional (Perpusnas), bila dikabulkan mungkin akan ada dua tambahan unit lagi nantinya, sehingga dengan adanya penambahan armada tersebut. Diharapkan minat baca seseorang di Bontang bisa lebih meningkat lagi,“ ujarnya, Jumat (29/7) lalu.

Henny menambahkan, selain menambah unit untuk meningkatkan minat baca dari anak-anak tersebut , KPADok memiliki tiga orang petugas yang tiap bulannya selalu berganti  jadwal untuk melayani pembaca. Selain itu, tiap tiga atau empat bulan sekali buku-buku ini selalu rutin  diganti. Berharap dengan adanya pergantian, pembaca tidak akan bosan dan bisa membuat minat baca semakin tinggi lagi.

“Ada sekitar 500 lebih buku di perpus keliling ini, terdiri dari buku fiksi seperti novel, buku cerita anak, kemudian ada juga buku ilmu pengetahuan,  karya umum (komputer) dan agama,” jelasnya.

Selain ke sekolah-sekolah, terkadang setiap Jumat atau di hari kerja namun anak sekolah libur, ada 10 titik yang biasa dikunjungi perpus tersebut. Seperti berkunjung di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas III, Pelabuhan Tanjung Laut, Terminal, Klinik Pegawai, Polres, Sistem Administrasi Munggal Satu Atap (Samsat), Badan Perizinan dan Penanaman Modal (BPPM) Bontang, Jalan S Parman, RSUD Taman Husada, dan Pasar Sementara Rawa Indah.

“Karena minat baca di Lapas cukup tinggi. Tiap bulannya kami selalu rutin mendatangi Lapas Bontang karena permintaan,” tukasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *