Home ::: Berita Perpustakaan ::: Mengintip Perpustakaan Kontainer di Mojokerto! Daerah Lain Kapan?
Inilah penampakan Perpustakaan Kontainer di Mojokerto yang berlokasi di Alun-Alun Mojokerto.

Mengintip Perpustakaan Kontainer di Mojokerto! Daerah Lain Kapan?

Mengintip Perpustakaan Kontainer di Mojokerto! Daerah Lain Kapan?

Dunia Perpustakaan | Kabar bahagia datang dari Mojokerto, dimana baru-baru ini dibangun fasilitas umum berupa Perpustakaan Kontainer, di area ruang terbuka hijau (RTH), tepatnya di Alun-alun Kota Mojokerto.

Pemerintah Kota Mojokerto terus berbenah. Kali ini, dengan memberikan fasilitas tambahan di area ruang terbuka hijau (RTH) Alun-alun Kota Mojokerto.

Di kawasan itu, kini telah dilengkapi perpustakaan kontainer yang dapat dimanfaatkan warga untuk membaca.

Sesuai dengan namanya, perpustakaan ini dibuat dengan memanfaatkan peti kontainer. Warna yang cerah, dominasi antara jingga dan merah, membuat perpustakaan ini mudah menarik perhatian.

Di dalam perpustakaan, koleksi buku yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Mojokerto ini cukup lengkap.

Mulai dari bacaan anak-anak hingga orang dewasa, tersusun rapi di rak perpustakaan kontainer.

“Kami menyediakan buku dari semua kategori,” kata Kasi Pelayanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Hatta Amrulloh, dikutip dari tribunnews.com, Selasa (11/4/2017).

Perpustakaan kontainer bisa dikunjungi dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jadi pengunjung tak perlu khawatir bila ingin menikmati ratusan buku yang telah disediakan oleh Pemkot Mojokerto.

Selain itu, perpustakaan kontainer ini juga telah dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga pengunjung tak perlu khawatir kepanasan. Bahkan petugas perpustakaan juga menyediakan tempat duduk yang dikonsep dengan lesehan maupun outdoor di halaman perpustakaan.

“Pengunjung bisa membaca di dalam ruangan atau membaca dibawah pohon. Kami menyediakan beberapa kursi. Namun bila ingin membaca buku di rumah juga boleh, asalkan pengunjung harus menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu, baru bukunya boleh dibawa pulang,” jelas Hatta.

Tidak hanya itu, kedepannya perpustakaan kontainer ini akan terus berinovasi. Dengan menambhakan beberapa kegiatan seperti bedah buku, tempat berdiskusi hingga sebagai ajang kumpulnya para komunitas. Selain itu, akan dilengkapi dengan televisi edukasi.

“Harapan kami kedepannya supaya buku menjadi budaya membaca bagi masyarakat dan dimulai sejak dini,” harapnya.

Jadi Tempat Selfie dan Berkumpul

Kehadiran perpustakaan kontainer yang baru dioperasikan pada awal bulan ini, rupanya menyedot perhatian tersendiri bagi para pengunjung alun-alun Kota Mojokerto. Pasalnya, warna yang cukup mencolok dan didesain berbeda, membuat orang penasaran.

Seperti yang diungkapkan oleh Devita Maharani ini, menurutnya keberadaan perpustakaan kontainer baru satu-satunya ada di Mojokerto. Terlebih, perpustakaan ada di tengah-tengah RTH yang identik dengan pohon dan tempat bermain anak, sebagai sarana rekreasi gratis keluarga.

“Bagus sih, lebih baik seperti ini. Jadi orang yang datang ke sini, kalau bosan selfi atau main-main, bisa mampir ke perpus baca-baca atau sekedar ngadem. Apalagi perpusnya menarik, beda dan bisa dibuat foto selfi juga,” kata warga Jetis ini.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Menengok Fasilitas Perpustakaan Desa di China

Menengok Fasilitas Perpustakaan Desa di China. Dunia Perpustakaan | China memang sungguh sangat luar biasa. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *