Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Provinsi Jambi Kurangi Jam Operasi Saat Ramadan
Ilustrasi

Perpustakaan Provinsi Jambi Kurangi Jam Operasi Saat Ramadan

Perpustakaan Provinsi Jambi Kurangi Jam Operasi Saat Ramadan.

Dunia Perpustakaan  | Sejak Ramadan perpustakaan Provinsi Jambi mengurangi jam kerja. Perpustakaan provinsi yang biasanya buka sampai jam 10 malam, saat Ramadhan pada hari senin hingga Jumat pukul 8.00 hingga 15.00 dan pada hari Sabtu pukul 9.00 hingga pukul 15.00.

Dikutip dari tribunnews.com, [11/06/16]. “Pengurangannya jadi 4 jam sehari. Pengurangan ini berdasarkan surat edaran dari gubernur,” kata Misra Ilyas selaku Kepala Bidang Layanan Perpustakaaan pengembangan minat dan budaya baca perpustakaan dan arsip provinsi Jambi.

Misra mengatakan kunjungan perpustakaan tidak terlalu banyak berkurang. Hanya saja ketika bertepatan dengan libur sekolah atau libur mahasiswa  jumlah kunjungan pasti berkurang. “Yang tinggal ya yang sedang mengurus skripsi saja,” katanya.

Misra mengatakan pada hari-hari biasa jumlah kunjungan bisa sampai 400 hingga 500 per hari.

Mengurangi jam operasi ini mendapat banyak reaksi baik dari aktifis komunitas pendidikan mau pun mahasiswa.

Bella Moulina selaku guru sekaligus penggagas sahabat ilmu jambi menyayangkan jam operasi perpustakaan yang dikurangi. “Kayaknya tidak perlu dikurangi,” katanya.

“Sebab kan bisa jadi ajang anak muda ngabuburit cari ilmu, daripada nongkrong di jalan,” katanya.

Meski pun begitu dia mengatakan kasihan juga dengan petugasnya menunggu waktu berbuka. “Pasti lelah nian, mungkin ya rolling aja petugasnya biar dak bosen,” katanya.

Selain itu Suci dari komunitas pendidikan Bara Api mengatakan tidak terlalu masalah dengan tutup cepat, hanya menurutnya jam 15.00 terkesan terlalu cepat.

“Kalau karena puasa sih menurut aku tidak apa-apa, mengingat orang juga mau ibadah, cuma kayaknya jam 3 kecepatan. Kalau hari biasa jam malam buka kalau puasa kan mau tarawih,” katanya.

Menurutnya petugasnya bagus pria. “Kalau ibu-ibu takutnya banyak gawe dirumah,” katanya sembari tertawa.

Menurutnya perpustakaan bisa menjadi tempat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka sambil membaca buku. “Hanya saja kalau jam 3 kecepatan. Jam kerja normal kan sebenarnya jam 4, masak gara-gara puasa jadi jam 3. Malam okelah tutup,” katanya.

Berbeda lagi dengan Santo salah satu mahasiswa universitas Jambi. Dia mengatakan sekarang sedang masa peralihan semester. “Banyak mahasiswa yang lagi ujian semester sama sidang. Perpustakaan provinsi harusnya tetap buka seperti biasa untuk melayani mahasiswa,” katanya.

Dia menambahkan bahwa pekerjaan ini adalah resiko menjadi abdi negara. Menurutnya kalau pun ini memberatkan, perpustakaan bisa mengadakan sistem jaga bergilir. “Jadi dak semua pegawai pulang cepat,” katanya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *