Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Ramah Anak di Bologna, Italia

Perpustakaan Ramah Anak di Bologna, Italia

Perpustakaan Ramah Anak di Bologna, Italia.

Dunia Perpustakaan | Buku dan Kota Bologna di Italia, adalah 2 hal yang tidak terpisahkan. Wisatawan bisa melihat warga di sana suka membaca, bahkan ada perpustakaan yang ramah anak.

Banyak perpustakaan bisa dijumpai di Bologna, Italia. Ini tentu wajar sebab di kota ini setiap tahun digelar pameran buku anak terpenting dan paling besar dunia.

Salah satu perpustakaan yang terkenal adalah perpustakaan umum Salaborsa atau Biblioteca Salaborsa. Letaknya berdekatan dengan Fontana di Nettuno atau Air Mancur Neptunus.

Ketika mengunjungi perpustakaan ini pada hari Sabtu awal April lalu, di depan perpustakaan yang merupakan Piazza Neptune atau alun-alun Neptunus sedang berlangsung pertunjukan musik.

Masuk ke perpustakaan, saya bertemu banyak remaja dan anak-anak. Ini tentu menandakan budaya membaca di Bologna sangat tinggi.

Begitu masuk, kita akan bertemu dengan meja informasi yang menyediakan berbagai famplet berisi sejumlah kegiatan di perpustakaan itu ataupun Bologna. Di sebelah kanan meja informasi, ada ruang perpustakaan untuk anak-anak.

Ada tempat duduk dan panggung rendah untuk tempat bercerita bagi anak-anak. Sejumlah orang tua dan anak-anak usia Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Dasar tampak asyik membaca di sini.

35520f16-b2a8-4e05-8804-fec94b131f06_169

 

Di ruangan ini juga dipajang buku-buku pemenang Bologna Ragazi Award, penghargaan buku anak bergengsi dalam Bologna Children’s Book Fair.

Ruangan untuk anak tidak hanya satu. Masih ada ruangan untuk bayi hingga balita yang bertuliskan Bebe. Pengunjung ruangan ini diminta memakai plastik untuk melapisi sepatunya. Juga masih ada ruangan bawah tanah untuk aktvitas anak usia 9-14 tahun, seperti mewarnai, menggambar dan kegiatan ketrampilan lainnya.

Sebelum memasuki ruang perpustakaan untuk dewasa ada ruang terbuka yang dipakai untuk aneka pameran. Saat itu ruang pameran diisi oleh Jerman yang sedang menjadi tamu kehormatan di Bologna Children’s Book Fair. Kursi dan sofa yang nyaman untuk anak-anak juga disediakan di sini.

a94df250-2cdb-4588-8be6-5d28eb1e4438

Perpustakaan Salaborsa terdiri dari empat lantai. Ia dibuka sejak 13 Desember 2001. Pada perang dunia, ia sempat menjadi lapangan olahraga, kemudian menjadi kantor bursa efek dan kantor sejumlah bank.

Perpustakaan ini sangat lengkap. Koleksi bukunya ratusan ribu, khusus untuk buku anak tersedia hampir 60 ribu buku yang diterjemahkan dalam 59 bahasa. Setiap hari selalu ada koleksi buku baru yang ditambahkan.

Selain membaca dan meminjam buku, pengunjung bisa menikmati koleksi DVD, majalah, Koran terbaru, juga akses internet. Ada 40 komputer disediakan bagi yang ingin berselancar di internet untuk mencari data.

Perpustakaan ini rata-rata dikunjungi 283 orang per hari. Ribuan balita umur 0-3 tahun sudah mengunjungi perpustakaan ini, sebab pada 2009 saja tercatat ada 552 balita yang datang, lalu 427 anak usia 4-8 tahun. 818 anak-anak usia 9-13 tahun dan 1.182 remaja usia 13-16 tahun. Luar biasa bukan?

Sumber: detik.com

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia!

Perpustakaan Book Capella, Perpustakaan Termahal di Dunia! Dunia Perpustakaan | Jika anda disuruh bayar saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *