Home ::: Berita Perpustakaan ::: Perpustakaan Rumah Baca Pintar Kranji, Mengadakan Sosialisasi Internet Sehat
Orang Tua Diajari Internet Sehat

Perpustakaan Rumah Baca Pintar Kranji, Mengadakan Sosialisasi Internet Sehat

Perpustakaan Rumah Baca Pintar Kranji, Mengadakan Sosialisasi Internet Sehat.

Dunia Perpustakaan | Guna meningkatkan kesadaran para orang tua mengenai pentingnya melek teknologi, khususnya jaringan internet. Beberapa hari yang lalu,  tepatnya Minggu sore (26/6), Perpustakaan Rumah Baca Pintar (RBP),  Kranji, menyelenggarakan sosialisasi Internet Sehat. Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan orang tua, yang merupakan warga dukuh setempat dan sekitarnya.

Koordinator penyelenggara kegiatan tersebut, Ahmad Ardabili mengungkapkan, hal itu dilakukan supaya para orang tua, khususnya di Dukuh Kranji memiliki bekal dalam membimbing putra-putrinya saat menggunakan perangkat teknologi semacam komputer atau laptop, juga handphone maupun smartphone.

“Untuk menggugah kesadaran orang tua tentang pentingnya melek internet. Sebagai bekal dalam membimbing dan mengarahkan anak ketika menggunakan perangkat teknologi informasi,” terangnya kepada Radar Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut, lanjut pria yang akrab disapa Ardabili, hadir pula Dodi Hariyanto dan Fajar dari Armada Trainer TIK (ATTIK). Serta Alumnus Universitas Al-Azar Kairo Mesir, Ustadz H Mudaris, sebagai pemateri. Melalui kegiatan tersebut, dirinya berharap para orang tua bisa mengawasi sekaligus membimbing anaknya agar terhindar dari pengaruh negatif penggunaan internet.

Dikutip dari radarpekalongan.com, [30/06/16]. “Semoga orang tua memiliki kesadaran untuk membimbing dan mengawasi putra-putrinya dalam menggunakan perangkat teknologi. Agar terhindar oleh pengaruh negatif dari internet,” katanya.

Sementara itu dalam pemaparan materi Dodi Hariyanto mengibaratkan internet layaknya sebuah perpustakaan. Dimana pengguna internet dapat mencari beragam informasi yang dibutuhkan. Kendati demikian, internet bisa menghadirkan dampak positif maupun negatif. Hal tersebut, ungkapnya, tergantung bagaimana si pengguna memanfaatkan internet.
“Internet itu bisa dibilang banyak dampak positif atau negatifnya. Pandai-pandai kita memanfaatkannya,” tuturnya.

Internet positif, menurutnya, bisa dimanfaatkan sebagai ajang komunikasi ataupun silaturahmi. Disamping itu penggunaan internet yang positif bisa dilakukan dengan cara memanfaatkannya sebagai alat untuk mencari penghasilan. Para orang tua yang hadir, olehnya juga dijelaskan mengenai beberapa jenis media sosial seperti facebok, twitter, blackberry messenger (BBM), dan lainnya. Disamping itu ia juga menjelaskan terkait perlah masa atau waktu agar anak tidak menggunakan internet secara berlebihan.

“Itu kita harus mengawasinya. Karena ada batasan-batasan waktunya. Kalau dibiarkan begitu saja akan keasyikan dan akhirnya tidak ingat waktu. Kalau bisa sebelum memberikan HP yang canggih, bapak ibu juga bisa mengoprasikannya. Jangan hanya memberikan tapi dilepas begitu saja,” tandasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *