Home / Berita Perpustakaan / Perpustakaan SMA Muhammadiyah I Jogja Wakili DIY di Tingkat Nasional
ilustrasi

Perpustakaan SMA Muhammadiyah I Jogja Wakili DIY di Tingkat Nasional

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Perpustakaan SMA Muhammadiyah I Jogja Wakili DIY di Tingkat Nasional.

Dunia Perpustakaan | SMA Muhammadiyah I Jogja maju mewakili DIY dalam lomba perpustakaan jenjang SMA se-Indonesia. Wali Kota Jogja berharap perpustakaan sekolah yang diketahui memiliki beragam fasilitas tersebut, dapat menjadi juara dalam perlombaan tersebut.

Ditemui di sela visitasi Tim Juri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Edy Heri Suasana mengatakan bahwa dengan sejumlah program unggulan yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah, ia berharap tim juri tidak ragu memberikan nilai maksimal kepada perpustakaan SMA Muhi Jogja.

Membaca sambutan Walikota, Edy menambahkan bahwa hasil visitasi dan penilaian tidak menunjukkan cerminan maju tidaknya sebuah institusi pendidikan, melainkan sejauh mana sebuah perpustakaan yang ada di sekolah bisa turut memajukan kualitas sumber daya manusia komponen sekolah.

Meski demikian ia menekankan, sebagus apapun sebuah sekolah, tidak ada manfaatnya apabila perpustakaannya tidak dikelola secara bagus pula.

Sebuah perpustakaan di masa kini, harus dapat menjembatani perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang diambil dari buku. Karena tidak dipungkiri hampir seluruh anak muda lebih mengakrabi perangkat teknologi di tangan mereka, daripada lembaran buku.

Hanya saja kualitas seseorang tidak ditentukan dari seberapa banyak perangkat teknologi yang dimiliki seseorang, melainkan sebanyak apa buku yang sudah ia baca. Sehingga ia berharap setiap perpustakaan bisa memeberikan jalan untuk menjembatani keberadaan keduanya, sebagai bentuk upaya mewadahi budaya literasi di kalangan generasi muda.

Melansir dari sumber harianjogja.com, [03/08/16]. “Budaya literasi mendukung kemajuan diri dan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa, semoga kita terus menjadi pembelajar,’ ungkap dia.

Kepala SMA Muhi Jogja Tri Ismu Husnan Purwono menuturkan, perpustakaan sekolah yang ia miliki memang masih memiliki kekurangan dan akan terus dikembangkan, karena perpustakaan sekolah sejatinya memiliki banyak peranan dalam proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

Selain itu sekolah ingin mewujudkan perpustakaan sekolah yang memiliki fungsi sebagai pusat kegiatan belajar anak yang terrintegrasi dengan kurikulum, menjadi pusat penelitian bagi guru, siswa, tenaga kependidikan.

“Perpustakaan adalah pusat belajar mandiri dan meningkatkan kebiasaan literasi dalam diri siswa,” kata dia, di sela visitasi.

Dari Majelis Dikdasmen Muhammadiyah PWM DIY Ariswan mengatakan, hasil evaluasi dari tim juri memang menjadi sebuah nilai, namun dari nilai itu pihaknya akan menggunakannya sebagai referensi untuk mengembangkan perpustakaan menjadi lebih baik lagi, sebagai bentuk peranan sekolah untuk ambil bagian dalam sistem pendidikan nasional dan dakwah.

Sementara itu, perpustakaan adalah tempat pembelajaran seumur hidup, menjadi sebuah konsep yang ditekankan oleh Ketua Tim Juri Perpustakaan SMA Tingkat Nasional Sudirman Hamid. Dalam lomba perpustakaan SMA tingkat nasional ini, panitia telah menerima 33 berkas dari seluruh propinsi dan menyeleksi 10 nominasi.

Diantaranya NTT, Majene (Sulawesi Barat), Bontang (Kaltim), Singaraja (Bali), Pekanbaru (Riau), Palembang (Sumatera Selatan), Gorontalo, Mojokerto (Jawa Timur), Kota Jogja (DIY) dan DKI Jakarta.

“Rangking bukanlah tujuan utama, tujuan utama adalah bagaimana perpustakaan yang merupakan jantung sekolah bisa dimanfaatkan sekolah dan mengembangkan warga sekolah.

Pada 15 Agustus 2016, 10 nominator akan diundang ke Jakarta dan pada 17 Agustus 2016 akan mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan di Istana Negara,” ungkap dia.

Perpustakaan sekolah bukan sekedar menjadi tempat membaca, melainkan tempat diskusi, membangun prestasi, hal itu dikemukakan oleh Koord Perpus SMA Muhi Jogja Wijayanti.

Muhi sendiri, lanjut dia, memiliki ruang multimedia, meja belajar carrel, ruang rahmatan lil alamin, mini theater. Untuk koleksi, perpustakaan yang terletak di lantai dua itu memiliki koleksi buku fiksi sebanyak 1.269 judul, 7.723 buku non fiksi yang berasal dari pembelian, alumni, dua usaha, dan lain-lain.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar