Home / Berita Perpustakaan / Perpustakaan Umum Jabar Raih Penghargaan Top 99 Sinovik Nasional

Perpustakaan Umum Jabar Raih Penghargaan Top 99 Sinovik Nasional

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Perpustakaan Umum Jabar Raih Penghargaan Top 99 Sinovik Nasional.

Dunia Perpustakaan | Kerja keras Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jawa Barat berbuah penghargaan.

Keberhasilan merombak dan menerapkan sistem inovasi pelayanan publik dalam mengembangkan Perpustakaan Umum Jabar, mengantarkannya meraih penghargaan bergensi Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinnovik) Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yudi Chrisnandi, akhir Maret 2016 lalu tersebut sekaligus menempatkan Perpustakaan Umum Jawa Barat sebagai perpustakaan bertaraf internasional.

Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jabar Hj Nenny Kencanawati,M.Si, didampingi Kepala Bidang Layanan Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan, Dr. Hj, Dinny Resmiati, M.Si, mengungkapkan, inovasi yang dilakukan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jabar dalam mengelola perpustakaan bermuara pada bagaimana menciptakan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Namun, jika kemudian inovasi tersebut dinilai sebagai sebuah keberhasilan dan meraih penghargaan, hal itu hanyalah benefit yang tentu saja patut disyukuri.

Karena apa yang dilakukan sebenarnya tujuan awalnya adalah bagaimana menciptakan perpustakaan yang nyaman, menyenangkan, dan menjadi gudang ilmu bagi masyarakat. Sehingga, perpustakaan bisa menjelma menjadi tempat yang diminati untuk dikunjungi.

“Alhamdulillah. Insya Allah ini adalah hasil kerja keras dari seluruh jajaran Bapusipda Jabar. Tapi yang paling penting adalah bagaimana kami bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi masyarakat untuk datang ke perpustakaan,” ungkap Nenny kepada INILAH, Kamis (2/6).

Nenny mengungkapkan, menyadari pentingnya keberadaan perpustakaan sebagai tempat untuk menularkan ilmu, beberapa terobosan kemudian dilakukan Bapusipda Jabar.

Mulai dari penggunaan sistem online, pembangunan ruangan yang nyaman, kelengkapan buku bacaan, hingga peningkatan kualitas SDM. Targetnya tak lain, perpustakaan umum Jabar harus menjadi tempat yang menyenangkan bagi masyarakat.

Nenny menambahkan, ke depan beberapa sarana pendukung juga tengah dipersiapkan seperti learning centre, coffee shop, serta sarana lainnya. Sehingga pengunjung benar-benar menemukan suasana berbeda. “Banyak perencanaan yang akan terus kami lakukan. Mudah-mudahan hal ini bisa semakin meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat,” tandasnya.

Kepala Bidang Layanan Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan, Dr. Hj, Dinny Resmiati, M.Si, menambahkan, salah satu tantangan yang menjadi motivasi Bapusipda Jabar adalah bagaimana mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat. Karena itulah kunci untuk menumbuhkan minat baca masyarakat.

Karenanya lanjut Dinny, beberapa terobosan kemudian dilakukan untuk menciptakan suasana nyaman. Tak hanya senyum dan keramahan, petugas di Perpustakaan Umum Jabar juga dituntut mampu memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang buku yang dicari hingga konten, sekaligus memberikan masukan buku-buku pembanding.

Langkah lainnya, lanjut Dinny adalah pengalihan sistem manual kartu keanggotaan serta peremajaan buku menjadi sistem online. Sehingga pengunjung bisa dengan mudah mencari buku yang mereka inginkan.

Dikutip dari inilahkoran.com, [03/06/16]. “Sebagai perpustakaan bertaraf internasional kami tentu harus menyiapkan segala sesuatunya. Alhamdulillah berkat kerja keras semuanya, saat ini Perpustakaan Jabar bahkan memiliki anggota hampir mencapai 25 ribu,” ujarnya.

Dinny juga mengaku, sangat bersyukur karena beberapa inovasi yang dilakukan Bapusipda Jabar pada akhirnya mampu membawa Perpustakaan Umum Jawa Barat mampu menyuguhkan pelayanan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, hingga mampu diterima di masyarakat.

Harapannya, ke depan akan terus lagi meningkat jumlah pengunjung ke Perpustakaan sehingga membaca bisa menjadi sebuah kegemaran yang menyenangkan bagi masyarakat.

“Semoga ke depan perpustakaan benar-benar terus menjadi tempat yang nyaman dikunjungi masyarakat bahkan mungkin menjadi alternatif destinasi wisata ilmu,” pungkasnya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar