Home ::: Sosok ::: Prof DR Ir H Ika Djatnika, Sumbangkan Buku ke TBM Haidar Palasah

Prof DR Ir H Ika Djatnika, Sumbangkan Buku ke TBM Haidar Palasah

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Prof DR Ir H Ika Djatnika, Sumbangkan Buku ke TBM Haidar Palasah.

Dunia Perpustakaan | Kegemaran membaca yang direalisasikan ke dunia nyata membuat siapapun akan lebih bermakna dan bisa menggapai mimpi-mimpinya. Hal itu yang dilakukan peneliti pertanian berprestasi, Prof DR Ir H Ika Djatnika saat mengunjungi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Haidar Desa Cisambeng Kecamatan Palasah, Sabtu (23/7). Dalam kunjungan tersebut, Ika juga menyumbangkan satu dus besar koleksi bukunya.

Ika menggeluti dunia pertanian dan rajin membaca buku-buku umum, dan itu yang membuat dirinya saat ini menjadi seorang peneliti pertanian berprestasi yang kini tinggal di Cianjur. Ika sempat mengikuti program visiting scientist di Monass University di Autralia beberapa tahun lalu.

“Saya asli kelahiran Majalengka, besar di Jatiwangi dan sebulan sekali berkunjung ke Majalengka. Sudah merupakan tugas saya untuk datang ke area-area pertanian. Termasuk saat ini saya mau ke Majasuka, di sana ada penelitian tanaman yang tengah dikembangkan. Kebetulan saya lihat di facebook ada TBM yang cukup menarik dan perlu tambahan buku, daripada di rumah bertumpuk terus saya sumbangkan saja. Semoga bermanfaat,” ujarnya.

Buku-buku yang disumbangkan adalah buku-buku umum termasuk buku tentang pertanian. Ika berharap agar masyarakat yang datang ke TBM atau Pustaka Haidar dapat memanfaatkannya dengan baik. Dirinya mengingatkan bahwa sejak kecil ia sudah rajin membaca buku. Dia berpesan agar pelajar juga mencintai pertanian karena ke depan sangat dibutuhkan.

“Ini murni tentang kecintaan dan hobi yang dikaitkan dengan pekerjaan. Saya ingin memotivasi  siapapun untuk terus membaca, membiasakan dan menyempatkan baca buku. Tapi tetap juga untuk saat ini harus diimbangi dengan mencari tahu dari internet. Cuma khusus untuk saya pribadi kalau membaca lebih enak dalam bentuk buku, makanya koleksi buku saya cukup banyak,” ujarnya. Dikutip dari radarcirebon.com, [25/07/16].

Pria yang sempat juga mengikuti program research managemen di Maryland University Amerika Serikat, setelah lulus dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini bahkan telah menerbitkan buku dan merasa enjoy dengan kebiasaannya menulis. Berkat dedikasinya itu, Ika Djatnika sempat meraih penghargaan sebagai peneliti terbaik dan berprestasi dari Menteri Pertanian tahun 1998 lalu.

“Berkat sering membaca buku dan berdoa, alhamdulillah saya bisa sekolah ke luar negeri. Pesan saya ke anak-anak muda agar tetap serius tapi santai, tetap biasakan membaca buku, buka internet, dan berbakti kepada orang tua dan masyarakat,” ujarnya.

Pengelola TBM Haidar, Hendri berterima kasih kepada Profesor Ika karena telah menyempatkan bersilaturahmi dan menyumbangkan puluhan buku. Ia dan teman-temannya membuka perpustakaan atau taman bacaan masyarakat tersebut memang untuk menularkan budaya minat baca dan tulis.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar