Home ::: Profil Perpustakaan di Indonesia ::: Profil Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman
Universitas Jenderal Soedirman (hoteldekatkampus.com)

Profil Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Profil Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman.

Dunia Perpustakaan | UPT Perpustaaan UNSOED merupakan perpustakaan perguruan tinggi sebagai penunjang tri darma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Merangkum dari situs perpus.unsoed.ac.id, Lembaga ini didirikan pada bulan Januari 1966 berdasarkan instruksi rektor dan bertempat di gedung dengan ukuran kurang lebih 80 m2 yang berlokasi di jalan pengadilan purwokerto.

Sejarah Perpustakaan

Sejarah UPT Perpustakaan tidak terlepas dari keberadaan Universitas Jenderal Soedirman, yang berdiri sejak tahun 1963 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 195 tanggal 25 September 1963 dan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 153 tanggal 12 November 1963. Semula perpustakaan menempati gedung seluas kurang lebih 80 m2, berlokasi di Jln. Pengadilan Nomor 1 (Kompleks Alun-Alun) Purwokerto.

Pada tahun 1978, kegiatan administrasi (Kantor Pusat Administrasi Unsoed) pindah ke Aula yang berlokasi di Grendeng, yang diikuti pula dengan pindahnya perpustakaan dengan menempati ruangan kurang lebih seluas 50 m2 bersama-sama dengan kegiatan administrasi lainnya. Kemudian pada tahun 1980 Gedung Kantor Pusat Administrasi UNSOED selesai dibangun, sehingga kegiatan administrasi di pindah ke gedung baru tersebut. Mulai saat itu Aula seluas 364 m2 ditempati untuk perpustakaan.

Pertambahan koleksi, sarana, dan prasarana serta jumlah pengguna yang terus meningkat, menjadikan Gedung Aula yang ditempati kurang memadai lagi, sehingga pada tahun 1985 UPT Perpustakaan pindah ke gedung baru berlantai tiga dengan luas kurang lebih 2.400 m2. Semula baru lantai I dan II untuk perpustakaan, namun kemudian tahun 1991 seluruh bangunan diserahkan untuk gedung perpustakaan.

Sejak awal berdirinya hinga saat ini UPT Perpustakaan sudah beberapa kali mengalami pergantian pimpinan (kepala) yang nama dan masa pengabdiannya masing-masing sebagai berikut :

  • Erna Onggosundjojo                         1964 – 1969
  • Iswanto, SH.                                      1969 – 1971
  • Dra. Hartati Prawironoto                 1971 – 1983
  • Drs. Bambang Suprapto, DipLib.    1983 – 1995
  • Drs. Indratmo Yudono, MSi.           1995 – 2002
  • Drs. Chamdi, SIP.                              2002 – 2010
  • Sutino, S.Sos., M.A.                           2010 – sekarang

Layanan Perpustakaan

Layanan – layanan yang dimiliki:

  1. Layanan Sirkulasi
  2. Layanan Referensi
  3. Layanan Majalah dan Jurnal (Cetak)
  4. Layanan Artikel Majalah/Jurnal (Digital)
  5. Layanan Warung Prancis
  6. Hotspot area
  7. Layanan Fotokopi
  8. Layanan Uji Coba

Jam Layanan

  • Senin – Kamis     : 8:00 – 16:00
  • Jumat                  : 8:00 – 16:30
  • Sabtu                   : 8:00 – 12:00

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

  • UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman mempunyai Visi   “Mewujudkan perpustakaan menjadi pusat informasi ilmiah yang prima berbasis teknologi informasi dan komunikasi”.

Misi

Sedangkan misi UPT Perpustakaan adalah:

  1. Menyediakan sumber-sumber informasi ilmiah yang relevan, komunikatif, dan mutakhir yang berhububungan dengan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Menyediakan publikasi ilmiah terkini yang berhubungan dengan pembangunan perdesaan untuk tingkat lokal, regional dan nasional, untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa.
  3. Mendorong para dosen, peneliti dan mahasiswa untuk memanfaatkan fasilitas dan sumber-sumber informasi/publikasi ilmiah untuk menghidupkan suasana akademik.
  4. Menyelenggarakan layanan informasi ilmiah yang prima yang didukung oleh perkembangan  teknologi informasi dan komunikasi.

Moto

  • Kepuasan pasien adalah kebahagaiaan kami

Tujuan

a.  Tujuan dari UPT Perpustakaan UNSOED adalah:

  1. Untuk menunjang proses belajar mengajar dengan lebih baik demi menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional disertai dengan pengetahuan yang cukup memadai;
  2. Untuk menyelenggarakan layanan perpustakaan yang lebih baik sehingga memungkinkan sistem pembelajaran di UNSOED menjadi lebih efisien dan produktif;
  3. Untuk mengembangkan sistem layanan perpustakaan sehingga mencapai kualitas layanan yang tinggi bagi civitas akademika dan masyarakat;
  4. Untuk meningkatkan ketersediaan koleksi dan aksebilitas publikasi ilmiah demi peningkatan kualitas penelitian mahasiswa dan dosen serta pengabdian kepada masyarakat;
  5. Untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan stakeholder

b.  Sasaran

  1. Tercapainya sumber daya informasi ilmiah yang memadai;
  2. Terciptanya peningkatan pengetahuan pengguna perpustakaan;
  3. Tercapainya peningkatan kualitas SDM perpustakaan;
  4. Terpenuhinya sarana prasarana dan peralatan pendukung layanan perpustakaan;
  5. Terciptanya peningkatan layanan perpustakaan;
  6. Terpeliharanya koleksi;
  7. Tercapainya kepuasan pengguna perpustakaan;

Kebijakan

Melalui analisis internal dan eksternal, berhasil diidentifikasi beberapa isu strategis yang kemudian dituangkan dalam kebijakan dan program secara bertahap berdasarkan skala prioritas. Semua ini diarahkan untuk mewujudkan visi dan misi UPT Perpustakaan yang mendukung visi dan misi universitas.

Pada era teknologi informasi dan komunikasi, UPT Perpustakaan sebagai  “Pusat Informasi  Ilmiah yang prima berbasis teknologi informasi dan komunikasi”  harus terus berusaha untuk meningkatkan performans dan kinerjanya, antara lain melalui peningkatan jumlah koleksi, baik cetak maupun non-cetak (digital), termasuk melakukan pengembangan sendiri koleksi digital dengan melakukan scanning atas koleksi skripsi dan jurnal/majalah cetak.

Penambahan fasilitas pendukung layanan, seperti alat pengaman koleksi, komputer, scanner, mesin fotokopi, barcode reader, vacuum cleaner, termasuk pengembangan/pemeliharaan aplikasi software untuk pengelolaan secara terintegarasi UPT Perpustakaan dan seluruh perpustakaan fakultas/PII  di lingkungan Unsoed.

Dengan aplikasi perpustakaan terintegrasi “Izylib” diharapkan pengguna lebih tertatrik dan puas terhadap layanan perpustakaan. Perpustakaan ingin berkontribusi nyata dalam membantu mempercepat studi, meningkatkan wawasan dan pengetahuan pengguna, serta menghasilkan lulusan UNSOED yang berkualitas dan memiliki daya saing di pasaran kerja baik lokal, nasional, bahkan internasional.

Untuk dapat mencapai tujuan dan sasaran tersebut UPT Perpustakaan menyusun beberapa program :

  • Peningkatan aksesibilitas informasi dengan menambah lembur layanan hari Sabtu
  • Peningkatan kemampuan pengguna perpustakaan dengan melaksanakan bimbingan pengguna (users education) atau library tour
  • Penerbitan buku panduan pengguna perpustakaan untuk mahasiswa baru
  • Perawatan dan penjilidan koleksi pustaka
  • Fumigasi buku pustaka
  • Peningkatan sumber daya informasi dengan pengadaan koleksi buku teks dan referensi
  • Peningkatan sumber daya informasi dengan melanggan jurnal/majalah
  • Peningkatan sumber daya informasi dengan melanggan e-journal
  • Peningkatan sarana prasarana dan peralatan pendukung layanan perpusakaan

Peningkatan kualitas SDM Perpustakaan dengan melaksanakan diklat, seminar, workshop, lokakarya, dan sejenisnya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar