Home / Profil Perpustakaan di Indonesia / Profil Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta
Perpustakaan UNY (Pic : rajakingindo.wordpress.com)

Profil Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Profil Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dunia Perpustakaan | Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Yogyakarta, Indonesia.

Berdirinya Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta tidak dapat terlepas dari sejarah berdirinya IKIP Negeri Yogyakarta, karena perpustakaan didirikan bertepatan waktu dengan beridirinya IKIP Negeri Yogyakarta yaitu pada tanggal 21 Mei 1964 yang kemudian tanggal tersebut dijadikan Dies Nataliesnya.

Berikut profil lengkap perpustakaan yang kami kutip dari situs perpustakaan.uny.ac.id

Sejarah

Pada awalnya perpustakaan menempati salah satu ruang di Fakultas Ilmu Pendidikan yang saat itu jumlah pegawainya hanya 4 (empat) orang terdiri dari 1 (satu) orang kepala, 2 (dua) orang staf dan 1 (satu) orang pembantu umum.

Tahun 1970 perpustakaan pindah di Gedung Rektorat (sekarang Gedung Registrasi Lama) dengan luas bangunan 520 m2 yang saat ini digunakan untuk ruang MKU dan Unit Layanan Bimbingan dan Konseling (UPBK).

Dengan SK Rektor Nomor 28/1970 yang menetapkan mulai 1 Januari 1971 perpustakaan menjadi lembaga tersendiri yang statusnya langsung di bawah Rektor dan dipimpin oleh seorang Direktur Perpustakaan. Sejalan dengan itu dikeluarkanlah Sk Rektor Nomor 19/1970 tanggal 22 Desember 1970 bahwa semua perpustakaan fakultas dan jurusan melebur kedalam perpustakaan institut, integrasi tersebut baru selesai tahun 1974. Selaras dengan perkembangan jumlah koleksi dan tuntutan layanan, pada tahun 1974 perpustakaan pindah lagi ke gedung baru seluas 1.004 m2 (sebelah barat gedung FISE).

Pada tahun 1978 perpustakaan mengalami perubahan status setelah keluarnya SK Rektor Nomor 81/PT27R/C/78, menjadi suatu bagian dan dipimpin oleh seorang Kepala Bagian di bawah Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan.

Perubahan terjadi lagi, dengan diberlakukanya PP Nomor 5 tahun 1980 tentang Organisasi Perguruan Tinggi di Indonesia dan SK Mendikbud Nomor 0140/0/1983 tentang Organisasi dan Tata Kerja IKIP Yogyakarta ditetapkan kedudukan perpustakaan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor, pembinaan sehari-hari dilakukan oleh Pembantu Rektor 1, pengelolanya terdiri dari Kepala Perpustakaan dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha.

Pada tahun 1983 diterbitkan SK Mendikbud Nomor 0142/0/1983 tentang Organisasi Tata kerja IKIP Yogyakarta yang kemudian diperbaharui dengan SK Mendikbud Nomor 0101/0/1983, kemudian SK Mendikbud Nomor 0174/0/1995 yang memberikan status sebagai Unit Pelaksana Teknis sejajar dengan UPT lainnya di lingkungan UNY.

Dalam rangka pengembangan, pada tahun 1979-1980 berturut-turut perpustakaan menerima kunjungan 3 (tiga) orang konsultan dari UNDP yaitu: Mr. Bjorn Tell bidang jaringan perpustakaan, Mr. lorens bidang pengembangan tenaga, dan Mr. FG Pooe bidang perencanaan gedung/bangunan untuk survei kemungkinan pengmbangan perpustakaan. salah satu realisasinya pada tahun 1986 telah selesai dibangun gedung perpustakaan yang cukup representatif dengan luas kurang lebih 4.212 m2 dan letaknya strategis dekat Gedung Rektorat UNY.

Sejak awal berdirinya perpustakaan hingga sekarang Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta telah mengalami enam kali pergantian pimpinan (kepala) yang nama dan masa pengabdianya masing-masing sebagai berikut:

  • Soeatminah (1964-1987)
  • Dra. Sumardilah (1987-1994)
  • Drs. Sri Marnodi (1994-1998)
  • Drs. H. Rochmad Wahab, M.Pd.,MA. (1999-1999)
  • Drs. Tatang Amirin (2000-2002)
  • Sri Hartati, SH (2002-2010)
  • Sukarjono, S.Sos (2010-sekarang)

Koleksi Perpustakaan

Jenis Koleksi

1) Buku/monografi

Koleksi perpustakaan terdiri dari buku/monografi yang berupa buku teks, buku informasi (fakta), buku rujukan (referensi), laporan penelitian, serta skripsi/tesis/disertasi.

2) Terbitan Berkala

Untuk melengkapi koleksi, UPT Perpustakaan Univeristas Negeri Yogyakarta melanggan dan menerima hadiah pustaka yang berupa majalah maupun jurnal.

  1. Penempatan Koleksi

Untuk lebih mendayagunakan koleksi, maka diperlukan adanya suatu pengaturan penempatan koleksi agar dapat memberikan nilai fungsi praktis dan efisien, penempatannya sebagai berikut:

  1. Buku
  • Buku Tandon (Reserve Books), diberi tanda ”R” ditempatkan di lantai II dan III, buku ini hanya terdiri dari satu eksemplar dari setiap judul dan kelebihannya ditempatkan di ruang peminjaman, karena itu koleksi ini hanya boleh dibaca di tempat (tidak dipinjamkan).
  • Buku Pinjaman/Sirkulasi, buku ini ditempatkan di ruang peminjaman lantai I. Dimungkinkan karena eksemplarnya lebih dari satu, maka dapat dipinjamkan dengan prosedur dan persyaratan yang telah diatur dalam tata tertib dan prosedur peminjaman.
  • Baik buku tandon maupun buku pinjaman penempatannya disusun menurut kelas/subyek.
  1. Tesis/Skripsi/Disertasi
  • Koleksi ini ditempatkan di ruang khusus (3.03), penggunaannya sangat terbatas dengan persyaratan tertentu. Di ruang tesis/skripsi/disertasi penyusunan koleksi berdasarkan fakultas dan subyek buku.
  1. Laporan Penelitian
  • Koleksi laporan penelitian ditempatkan di lantai III ruang 3.03. Koleksi ini hanya untuk dibaca ditempat dan dapat di foto kopi. Pengerakannya disusun menurut fakultas dan kemudian berdasarkan subyeknya
  1. Koleksi Rujukan (Referensi)
  • Koleksi rujukan ditempatkan di lantai II ruang 2.08, pemanfatannya hanya dibaca ditempat, dan boleh dipinjam untuk difoto kopi. Koleksi ini disusun menurut jenis disertai kelas/subyek
  1. Koleksi Majalah/Jurnal
  • Koleksi majalah/jurnal dapat dibaca di lantai II ruang 2.03. Koleksi tersebut hanya dapat dibaca ditempat tidak dapat dipinjam dibawa pulang kecuali untuk difoto kopi. Penyusunannya menurut abjad judul. Majalah baru ditayangkan (di display) dan majalah yang sudah lengkap nomornya dibendel/dijilid serta ditempatkan di ruang yang sama. Pada ruang majalah ini dapat pula dibaca surat kabar lama yang sudah dibendel
  1. Koleksi jurnal on-line
  • Perpustakaan UNY melanggan jurnal on-line di bidang kependidikan, scienece, sosial, pertanian, seni, teknik, humaniora, ekonomi, kesehatan.
  1. Koleksi jurnal on-line
  • Perpustakaan UNY melanggan jurnal on-line di bidang kependidikan, scienece, sosial, pertanian, seni, teknik, humaniora, ekonomi, kesehatan.

Tata Tertib Perpustakaan

Setiap pengunjung UPT Perpustakaan UNY wajib menaati peraturan dan tata tertib sebagai berikut:

  1. Menunjukkan kartu tanda mahasiswa atau kartu tanda anggota milik sendiri yang masih berlaku.
  2. Presensi pengunjung dengan cara men-scan Kartu Tanda Anggota Perpustakaan.
  3. Bersikap dan berpakaian sopan, serta menjaga ketertiban dan keamanan.
  4. Mencuri dan atau merobek koleksi perpustakaan akan dikenai sanksi akademis baik oleh UPT Perpustakaan maupun oleh UNY.
  5. Tidak diperbolehkan:
  • a. Membawa masuk tas atau yang sejenis ke dalam ruangan.
  • b. Membawa makanan atau minuman ke dalam ruangan,
  • c. Merokok, makan, dan minum di dalam ruangan,
  • d. Memakai sandal jepit, jaket, topi, kaos tanpa kerah di dalam gedung perpustakaan
  • e. Bersedia mentaati semua peraturan yang berlaku tanpa kecuali.

Sanksi bagi pengunjung UPT Perpustakaan UNY

Untuk lebih meningkatkan tegaknya peraturan dan tata tertib serta keamanan yang berlaku pada UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta, maka bagi anggota perpustakaan yang melanggar ketentuan yang telah digariskan akan dikenakan sanksi sebagai berikut:

  1. Pengguna perpustakaan yang terlambat mengembalikan buku pinjaman di bagian sirkulasi dikenakan denda Rp 300,00 per buku tiap hari keterlambatan (sesuai tata tertib peminjaman).
  2. Keterlambatan mengembalikan koleksi yang difotocopy, pada bagian layanan baca dikenakan denda Rp 500,00 per buku tiap jam keterlambatan.
  3. Pengguna perpustakaan yang merusakkan sebagian dan atau keseluruhan atau menghilangkan bahan pustaka yang menjadi tanggungjawab peminjamannya dikenakan ketentuan sebagai berikut:
  4. Mengganti bahan pustaka yang rusak sebagian dan atau keseluruhan atau hilang tersebut dengan bahan pustaka yang sama.
  5. Tidak boleh mengganti bahan pustaka dengan hasil fotocopy-an.
  6. Pengguna yang tidak mentaati tata tertib dan peraturan, baik sebagian atau keseluruhan, tidak diperkenankan memanfaatkan fasilitas  yang ada di perpustakaan.
  7. Pengguna yang dengan sengaja atau direncanakan melanggar peraturan dan tata tertib akan dikenakan sanksi administratif dan atau akademik.

Jam Layanan

  • Senin – Kamis (07.30 WIB – 19.00 WIB)
  • Jumat (07.30 WIB – 19.00 WIB), istirahat (11.30 WIB – 13.00 WIB)
  • Sabtu (09.00 WIB – 15.00 WIB)
  • Minggu (09.00 WIB – 15.00 WIB)

Visi dan Misi

VISI :

“Sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.”

MISI:

  • Meningkatkan relevansi dan mutu layanan sitem perpustakaan terpadu kepada seluruh pemakai jasa di lingkungan universitas.
  • Menerapkan teknologi informasi, teknologi yang pada intinya bertumpu pada konsep otomasi.
  • Perpustakaan tidak hanya sebagai pemakai tetapi juga sebagai pemilik data dan informasi dalam rangka mendukung kerjasama (resources sharing ) dengan perpustakaan dan pusat informasi lain.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

One comment

  1. baca-baca sejarah dari perpustakaan tsb, ternyata sudah lama juga ya berdirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar