Home ::: Profil TBM ::: Profil Taman Bacaan Pelangi

Profil Taman Bacaan Pelangi

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Profil Taman Bacaan Pelangi.

Dunia Perpustakaan | Di Indonesia ada banyak taman bacaan masyarakat [TBM], salah satunya bernama Taman Bacaan Pelangi.

Untuk lebih tahu terkait dengan Taman Bacaan Pelangi, berikut ini merupakan profil lengkap dari Taman Bacaan Pelangi dikutip dari website resminya.

Sejarah Taman Bacaan Pelangi

Indonesia bagian timur memiliki banyak potensi, tapi masih menjadi daerah yang tertinggal dan kekurangan pembangunan infrastruktur. Indonesia bagian timur juga merupakan daerah yang memiliki tingkat melek huruf paling rendah.

Tantangan ini membuat Taman Bacaan Pelangi untuk fokus di bagian timur Indonesia, menyediakan buku anak-anak ke daerah terpencil dengan tujuan untuk memelihara kebiasaan membaca anak sejak dini.

Taman Bacaan Pelangi berdiri sejak November 2009 di Flores. Bekerja sama dengan tokoh masyarakat, Nila Tanzil, pendiri Taman Bacaan Pelangi, pertama kali mendirikan perpustakaan di Roe, sebuah kampung kecil di kaki gunung Flores dengan menyediakan 200 buah buku.

Sekarang, dengan bantuan dari para donor dan relawan, perpustakaan Roe memiliki 2000 buah buku anak-anak.

Pada 2013, Taman Bacaan Pelangi telah terdaftar secara resmi sebagai sebuah yayasan dengan nama “Yayasan Pelangi Impian Bangsa”. Ini adalah langkah penting untuk semakin merealisasikan mimpi Taman Bacaan Pelangi untuk memberikan akses buku kepada anak-anak di daerah pelosok di Indonesia Timur.

Dengan dukungan dari relawan dan donatur dari berbagai belahan dunia, NGO dan perusahaan yang kredibel, Taman Bacaan Pelangi telah bertumbuh dari pemberian menuju jalan kehidupan. Hingga kini, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 39 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 15 pulau di Indonesia Timur.

Tujuan Taman Bacaan Pelangi sederhana saja, yaitu memberikan kesempatan kepada anak-anak di daerah terpencil untuk mendapatkan akses terhadap buku cerita dan perpustakaan yang akan membuka cakrawala hidup mereka.

Taman Bacaan Pelangi mendapatkan penghargaan “Anugerah Nugra Jasadarma Pustaloka 2013” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Hingga saat ini, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 39 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 39 desa di 14 pulau di Indonesia Timur, antara lain di Flores (Pulau Rinca, Pulau Messah, Pulau Komodo, dan pulau-pulau kecil sekitarnya), Sulawesi, Lombok, Sumbawa, Timor, Alor, Banda Neira (Kepulauan Banda, Maluku), Bacan (Halmahera Selatan), dan Papua.

Setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi memiliki setidaknya 1.000 judul buku cerita anak, beberapa perpustakaan memiliki koleksi buku lebih dari jumlah tersebut dan dalam kurun waktu enam tahun terakhir, Taman Bacaan Pelangi telah menyediakan akses buku bacaan kepada lebih dari 12.000 anak-anak di Indonesia bagian Timur.

Visi dan Misi

Taman Bacaan Pelangi adalah organisasi nirlaba yang mendirikan perpustakaan anak-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur. Taman Bacaan Pelangi bertujuan untuk menumbuhkan minat baca serta menyediakan akses buku-buku yang berkualitas bagi anak-anak yang tinggal di daerah pelosok di Indonesia bagian Timur.

Taman Bacaan Pelangi percaya hal ini sangat penting untuk pendidikan anak, dan memperluas cakrawala dan kesempatan mereka di masa depan. Melalui belajar, Taman Bacaan Pelangi memberi semangat kepada anak-anak untuk menyadari mimpi mereka, meningkatkan kemampuan dan keahlian yang akan berguna untuk masyarakat di sekitar mereka, memutus rantai kemiskinan dan meletakkan dasar perdamaian.

Program

Mendirikan Perpustakaan Anak

Taman Bacaan Pelangi mendirikan perpustakaan ramah-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur. Kami bekerja sama dengan sekolah-sekolah lokal dan mengubah perpustakaan mereka ke dalam lingkungan belajar yang ramah anak yang akan menumbuhkan kebiasaan dan kecintaan akan membaca dari masing-masing siswa.

Lokakarya Pengembangan Kapasitas untuk Guru dan Relawan lokal

Kami percaya, guru yang berkualitas mencerminkan pendidikan yang berkualitas. Dengan demikian, kami menyediakan serangkaian lokakarya pengembangan kapasitas bagi guru lokal yang memungkinkan mereka untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam membina kebiasaan membaca pada siswa dan mempromosikan keaksaraan di desa mereka.

Kami juga melakukan lokakarya untuk relawan lokal, mulai dari petani hingga nelayan. Mereka adalah penduduk setempat yang memiliki gairah dalam pendidikan dan ingin berkontribusi dalam mendidik anak-anak di desa mereka.

Kursus Literasi dasar untuk Anak-anak

Taman Bacaan Pelangi menyediakan kursus gratis literasi dasar untuk anak-anak yang masih buta huruf. Kami merasa bahwa kursus ini penting dan sejalan dengan misi kami dalam menciptakan kebiasaan membaca bagi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia Timur. Melalui program ini, anak-anak yang masih buta huruf akan mendapatkan pelajaran tambahan gratis setiap minggu yang akan membantu mereka untuk bisa membaca dan menulis.

Aktivitas Membaca

Di setiap perpustakaan Taman Bacaan Pelangi, kegiatan membaca secara teratur dilakukan. Setiap kelas mempunyai jadwal kegiatan di perpustakaan setiap minggunya, yang dipimpin oleh guru kelas masing-masing.

Melalui kegiatan membaca ini, diharapkan perlahan-lahan akan menumbuhkan rasa cinta membaca dalam diri anak-anak. Mereka akan penasaran dengan buku-buku yang disediakan di perpustakaan dan akan langsung membaca sendiri atau bersama-sama dengan teman-teman mereka.

Kampanye Pengumpulan Buku

Taman Bacaan Pelangi melakukan kampanye pengumpulan buku, juga bekerjasama dengan para pemangku kepentingan eksternal. Buku-buku yang terkumpul dari kampanye ini akan disortir dan dikirim ke perpustakaan-perpustakaan kami di Indonesia Timur.

Kampanye penggalangan dana

Bekerja sama dengan para pemangku kepentingan eksternal, dari sektor swasta, masyarakat, LSM internasional, kami mengadakan berbagai kampanye penggalangan dana. Dana yang dikumpulkan dari kampanye ini akan digunakan untuk mendirikan perpustakaan baru, membeli buku, dll

Silakan hubungi kami jika Anda ingin membantu kami dengan melakukan kampanye penggalangan dana untuk organisasi kami!

Kompetisi Membaca, Menulis, dan Mendongeng

Kami selalu mendorong anak-anak untuk membaca, menulis, dan menceritakan kisah mereka. Kompetisi ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan hal itu. Seringkali, kami melihat beberapa bintang masa depan yang bersinar!

Kemitraan dengan pihak eksternal

Kami selalu menyambut baik setiap kemitraan dan / atau kerjasama dengan pihak luar, baik dari sektor swasta, masyarakat lokal, hingga LSM internasional. Namun, kami tidak memiliki minat untuk bermitra dengan partai politik atau dengan pihak yang memiliki tujuan politik.

Kerelawanan

Kami sangat terbuka terhadap siapa saja yang ingin menjadi sukarelawan di perpustakaan kami. Namun, pelamar yang tertarik akan diseleksi terlebih dahulu. Kami juga bekerja sama dengan organisasi relawan, di mana masing-masing relawan dapat membantu membuat perbedaan dalam kehidupan anak-anak dengan memperkenalkan mereka berbagai jenis kegiatan kreatif, mengajar bahasa Inggris, bercerita, berbagi cerita tentang negara asal mereka, dan kegiatan menyenangkan lainnya.

Informasi lengkap terkait Taman Bacaan Pelangi bisa anda hubungi contact Taman Bacaan Pelangi sebagai berikut,

Taman Bacaan Pelangi

website: https://tamanbacaanpelangi.com

Facebook Page: www.facebook.com/pelangibook 

Follow Twitter kami: @pelangibook 

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar