Home ::: Profil Pustakawan ::: Pustakawan Aceh Juara Terbaik Harapan Pertama Nasional
Yusrawati (foto: acehterkini.com)

Pustakawan Aceh Juara Terbaik Harapan Pertama Nasional

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Pustakawan Aceh Juara Terbaik Harapan Pertama Nasional.

Dunia Perpustakaan | Lomba pemilihan pustakawan berprestasi terbaik tingkat  nasional tahun 2016 di Jakarta, 13 – 19 Agustus 2016. Pustakawan dari unit pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh,Yusrawati, berhasil meraih pemenang terbaik harapan pertama.

Sebelumnya, Yusrawati yang merupakan pustakawan teladan se-provinsi Aceh tahun 2010 berhasil mewakili Aceh pada ajang pemilihan berprestasi tingkat Nasional tahun 2016. Ia juga terpilih menjadi pustakawan berprestasi tahun 2016 tingkat provinsi Aceh pada tanggal 14 Juli 2016 di Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh.

Dikutip dari acehterkini.com, [21/08/16]. Yusrawati mengatakan, dari 29 pustakawan se-Indonesia, ia berhasil melewati tahapan seleksi dengan lancar hingga terpilih menjadi pustakawan terbaik harapan 1 Nasional tahun 2016.

“Peserta juara 1 di tingkat provinsi kemudian bersaing lagi di tingkat nasional yang diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia. Dari 34 provinsi hanya diikuti 29 perserta sedangkan 5 provinsi lain tidak memenuhi kriteria. Dari 29 peserta saya mendapat juara 4 (harapan 1),” katanya, Aleuhat (8/16).

Tiga tahapan seleksi yang berhasil ia lewati yaitu, tes kognitif  tentang wawasan kepustakawanan, mempertahankan karya ilmiah dengan judul makalah “Perpustakaan Sebagai Media Komunikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi” serta wawancara dengan tiga pakar pustaka tentang konsep pengembangan perpustakaan di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, yusrawati yang juga merupakan dosen tidak tetap pada prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry menjelaskan kedepan ini berkeinginan untuk mewujudkan Perpustakaan UIN Ar-Raniry menjadi Perpustakaan Perguruan Tinggi yang bertaraf WCU (World Class University) khususnya dalam hal peningkatan webometric melalui diseminasi informasi atau publikasi informasi ilmiah.

Sedangkan untuk provinsi Aceh ingin memfungsikan perpustakaan-perpustakaan desa yang ada agar memanfaatkan koleksinya sehingga budaya baca masyarakat menjadi meningkat.

Untuk informasi pada ajang pemilihan pustakawan berprestasi nasional tahun 2016, Juara 1 dari Daerah Yogyakarta, Juara II dari DKI Jakarta, JUara III dari Banjarmasi, Harapan 1 Aceh, Harapan II Sumatera Barat, dan Harapan III Surabaya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *