Home ::: Museum ::: Qatar Punya Museum Islam Terbaik Sedunia
Museum Islamic Art di Qatar (mia.org.qa)

Qatar Punya Museum Islam Terbaik Sedunia

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Qatar Punya Museum Islam Terbaik Sedunia.

Dunia Perpustakaan | Sebagai negara muslim, Qatar punya museum Islam yang sangat keren. Namanya Museum Islamic Arts (MIA). Ibarat kata, inilah Museum Louvre-nya Islam!

Dikutip detikTravel dari situs resminya, Kamis (16/6/2016), Museum Islamic Art menyimpan koleksi ribuan benda seni nan bersejarah yang bernafaskan Islam. Semua koleksi ini tertata rapi dalam ruang pamer yang bisa dikunjungi traveler dari berbagai belahan dunia.

Museum ini juga menyimpan naskah Al Quran kuno sejumlah 800 buah dari abad ke-3 sampai abad ke-18, dimana Kesultanan Ottoman Turki berkuasa. Termasuk salah satunya yaitu Al Quran Abbasid berwarna biru yang sangat langka, serta 2 lembar Al Quran Timurid Baysunghur, Al Quran terbesar di dunia.

Dari sekian banyak koleksi naskah kuno, ada 2 benda yang menarik perhatian yaitu Sertifikat Haji sepanjang 7 Meter dan Buku Terpanjang di dunia, yaitu Shahnameh alias Buku Para Raja.

Ceritanya, umat Islam zaman dahulu yang sudah menunaikan ibadah Haji dan Umroh akan mendapatkan sebuah sertifikat khusus. Sertifikat sepanjang 7 meter yang disimpan di dalam museum ini diketahui milik Sayyid Yusuf bin Sayyid Shihab al Din Mawara al Nahri.

Dalam sertifikat tersebut terpampang cetakan kaki Sayyid Yusuf setiap kali menginjakkan kaki ke situs-situs suci agama Islam dari Makkah, Madinnah hingga Yerusalem. Setiap tapak kaki di suatu tempat, akan ditandai oleh para saksi yang membenarkan bahwa Sayyid Yusuf memang pernah berada di sana, semacam paspor di zamannya.

Potongan sertifikat haji sepanjang 7 meter (mia.org.qa)
Potongan sertifikat haji sepanjang 7 meter (mia.org.qa)

 

 

 

 

 

 

Sementara koleksi manuskrip lain yang tak kalah menarik yaituberupa Shahnameh, atau Buku Para Raja. Buku ini ditulis oleh Firdausi, penyair asal Persia yang begitu terkenal di abad ke-10. Dibutuhkan 30 tahun bagi Al Firdausi untuk menulis buku ini.

Bagaimana tidak? Buku ini menceritakan kisah para raja yang memerintah Tanah persia dari raja mereka yang pertama hingga raja yang terakhir. Tak hanya cerita, melainkan pula lengkap ilustrasi lukisan berwarnanya.

Salah satu penggalan kisah di Shahnameh yang paling terkenal adalah cerita tentang Gurfarid, panglima perang Iran yang ternyata perempuan. Sampai sekarang, Gurfarid menjadi simbol feminisme bagi wanita Iran.

Potongan Shahnameh yang bercerita tentang Gurfarid (mia.org.qa)
Potongan Shahnameh yang bercerita tentang Gurfarid (mia.org.qa)

Selain koleksi manuskrip, masih ada banyak koleksi benda seni bernafaskan Islami lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Dari mulai keramik, gelas, kain tekstil, ukir-ukiran serta benda-benda seni lainnya yang tak ternilai harganya.

Museum ini menyediakan tur gratis untuk traveler setiap hari Rabu dan Kamis tepat di pukul 14.00, atau setiap hari Sabtu pada pukul 16.00 waktu setempat. Tur akan berlangsung selama 40 menit, dalam 2 bahasa yaitu Inggris dan bahasa Arab.

Fasilitas lain yang tersedia di Museum Islamic Art ini adalah toko suvenir, kafe, perpustakaan hingga taman cantik yang beroperasi selama 24 jam dan buka setiap hari. Traveler bisa menikmati dan mengikuti berbagai aktivitas di taman ini dengan gratis. Dijamin seru!

Berlokasi di Jalan Al Corniche, Museum Islam Qatar sangat mudah untuk dijangkau traveler. Bila dari arah Bandara Internasional Hamad, hanya butuh waktu sekitar 15 menit naik taksi untuk bisa sampai ke museum.

Jam buka museum mulai dari pukul 10.30 pagi, hingga 17.30 petang di hari Minggu, Senin, dan Rabu. Sementara untuk hari Kamis dan Sabtu buka pada pukul 12.00 sampai 20.00 waktu setempat. Museum tutup di hari Selasa, dan pada hari Jumat buka mulai pukul 14.00 sampai 20.00 waktu setempat.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar