Home ::: Artikel Perpustakaan ::: Rangsang Kreatifitas Anak dengan Membaca
anak membaca

Rangsang Kreatifitas Anak dengan Membaca

Rangsang Kreatifitas Anak dengan Membaca.

Dunia Perpustakaan | Semua orangtua, tentunya mengaharapkan anak dapat tumbuh cerdas dan kreatif. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan membudayakan membaca pada anak. Karena menurut saya sendiri, membaca merupakan senjata perang untuk melawan kebodohan.

Di era digital dan modernisasi seperti sekarang ini, semua dapat dimudahkan dengan adanya teknologi. Perkembangan teknologi tersebut dapat dikatakan semakin menenggelamkan budaya membaca pada anak-anak.

Dengan membaca, tingkat kecerdasan, kreatif, dan daya imajinasi anak-anak akan semakin terasah. Dengan demikian, orang tua yang menginginkan sang buah hati tumbuh pintar dan kreatif, biasakanlah budaya membaca pada anak sejak dini.

Kebiasaan tersebut dapat Anda mulai sejak anak masih bayi. Dilansir dari berbagai sumber [22/8/16], membacakan buku kepada bayi dapat membangun koneksi sel otak yang berharga dan terus bertahan di sepanjang hidupnya. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan di University of Chicago.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa anak-anak usia balita yang sering mendengar orangtua membacakan buku menjelang tidur, tumbuh dengan kemampuan baca yang baik saat mulai usia sekolah.

Mendengarkan orangtua membacakan buku cerita akan merangsang imajinasi kreatif anak mengenai tokoh-tokoh dalam dongeng, mengembangkan jalan cerita, dan menggambar. Dari hal itu, akan tercipta gagasan pada pemikiran anak bahwa buku merupakan sumber informasi.

Berikut beberapa ide untuk orangtua dalam mengembangkan minat baca dan daya kreativitas anak sedari kecil:

  • 1. Sering membaca buku depan anak agar mereka mencontoh kebiasaan baik ini hingga usia dewasa.
  • 2. Isi lemari buku anak dengan banyak bacaan bermutu.
  • 3. Kunjungi perpustakaan ataupun toko buku dengan anak di akhir pekan.
  • 4. Ciptakan sudut atau ruang membaca untuk anak agar mereka merasa nyaman sewaktu menikmati buku favorit.
  • 5. Biasakan sesi diskusi setelah membaca buku untuk membahas jalan cerita dan apa yang menjadi kesimpulan anak.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Google Doodle Kenang Hari Lahir Penulis Pramoedya Ananta Toer ke-92

Google Doodle Kenang Hari Lahir Penulis Pramoedya Ananta Toer ke-92. Dunia Perpustakaan | Jika anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *