Home ::: Berita Perpustakaan ::: Rendahnya Budaya Baca Masyarakat Medan

Rendahnya Budaya Baca Masyarakat Medan

Rendahnya Budaya Baca Masyarakat Medan.

Dunia Perpustakaan | Minimnya minat baca masyarakat Kota Medan, ditandai dengan sepinya kunjungan ke perpustakaan yang tersedia.

Guru besar Antropologi Universitas Negeri Medan (Unimed), Usman Pelly mengatakan, hal yang sama juga terlihat dari sepinya pengunjung yang datang ke perpustakaan milik pribadinya.

“Hanya mahasiswa S2 dan S3 bimbingan saya yang datang untuk mencari referensi di sini,” kata Usman Pelly di kediamannya, kawasan Griya Unimed, dikutip dari analisdaily.com [26/04/16].

Usman Pelly menjelaskan, buku-buku yang berada di perpustakaan miliknya dikumpulkan sejak ia masih berstatus siswa SMP. Hingga kini, jumlahnya telah mencapai sekitar 15.000 buku.

“Saya pun merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Kondisi ini disebabkan minat baca yang semakin menurun di kalangan masyarakat,” jelasnya.

Menurut Usman Pelly, minimnya budaya membaca disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena faktor sosial dan ekonomi.

“Masyarakat sudah tidak sempat lagi membaca dan membeli buku, banyak penyebab masyarakat tidak mau membaca. Faktor ekonomi dan sosial yang sedang kritis, sudah terlalu menyibukkan masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat di Kota Medan agar mau meningkatkan budaya literasi. Untuk perpustakaannya, tidak hanya ditujukan kepada kalangan mahasiswa dan profesor saja, tetapi juga dibuka untuk umum demi meningkatkan budaya literasi.

“Perpustakaan buka dari Senin sampai Sabtu, siapa pun bisa datang kemari, gratis,” tandas mantan Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Sumatera Utara tersebut

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *