Home / Artikel Perpustakaan / September Bulan Gemar Membaca Nasional, Namun Indonesia Masih Krisis Minat Baca
Ilustrasi

September Bulan Gemar Membaca Nasional, Namun Indonesia Masih Krisis Minat Baca

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

September Bulan Gemar Membaca Nasional, Namun Indonesia Masih Krisis Minat Baca.

Dunia Perpustakaan | Kegemaran masyarakat Indonesia dalam membaca masuk kategori sangat kecil. Hal ini tercermin dari data yang dikeluarkan Unesco yang menyatakan, indeks minat baca di Indonesia hanya mencapai angka 0,001.

Artinya, dari setiap 1.000 orang di Indonesia hanya ada satu orang saja yang mempunyai minat baca. Selaras dengan Unesco, Badan Pusat Statisitik (BPS) juga melansir pada 2012 sebanyak 91,68 persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih suka menonton televisi, dan hanya sekitar 17,66 persen yang menyukai membaca,  baik itu surat kabar, buku , maupun majalah.

Indeks minat baca yang sangat kecil ini sangat ironi, padahal sejak Era Presiden Soeharto sejak Tahun 1995 telah mencanangkan Bulan Gemar Membaca Nasional pada bulan September, dan pada tanggal 14 September ditetapkan sebagai Hari Kunjung Perpustakaan Nasional.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah SP Andriani SSH mengatakan kegemaran membaca berawal dari lingkungan keluarga.

Dikutip dari suaramerdeka.com, [20/09/16]. “Minat baca di tumbuhkan dari strata sosial pertama dan  utama yaitu keluarga. Orang Tua harus selalu mengajak putra-putrinya untuk membaca, kemudian baru lingkungan sekitar dan sekolah.” jelasnya.

Untuk mendongkrak minat baca, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Prov Jateng lebih mengoptimalkan pelayanan tidak hanya bertumpu pada gedung perpustakaan saja, namun juga mengoperasikan mobil pintar atau yang sering disebut perpustakaan berjalan.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar