Home ::: Berita Perpustakaan ::: Serunya Berkunjung ke Perpustakaan Grhatama Pustaka

Serunya Berkunjung ke Perpustakaan Grhatama Pustaka

Serunya Berkunjung ke Perpustakaan Grhatama Pustaka.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan yang dibuka sejak Januari 2016 ini memiliki ratusan ribu koleksi buku. Punya fasilitas AC, wifi, auditorium, ruang diskusi buku, ruang audio visual, bahkan bioskop 6 dimensi.

Fasilitas yang dimiliki perpustakaan milik Provinsi DIY yang diberinama Grhatama Pustaka ini gratis, kecuali bioskop 6 dimensi yang dipatok harga Rp. 20.000. Di lantai dasar dari perpustakaan ini terdapat taman, serta perpustakaan khusus koleksi anak – anak.

Diantaranya ruang permainan anak, ruang mendongeng, ruang musik anak, serta bioskop 6 dimensi. Koleksi lantai satu ada koleksi umum, koleksi referensi umum, koleksi khusus braille. Lalu, koleksi lantai dua diantaranya ruang undang – undang, koleksi langka, majalah dan koran, serta skripsi.

Hampir semua ruangan perpustakaan yang beralamat di Jalan Janti No 344, Banguntapan, Bantul ini beralaskan karpet. Bagi ruangan beralas karpet, pengunjung diminta membawa alas kaki ke dalam dengan kantong yang disediakan petugas. Sehingga mengurangi resiko alas kaki tertukar ataupun hilang.

Tempat membaca yang disediakan sangat nyaman dengan meja kayu dan kursi yang empuk. Bahkan di beberapa ruangan terdapat sofa untuk membaca. Setiap ruangan perpustakaan memutar lagu – lagu santai dengan volume kecil yang menambah rileks pengunjung.

Wifi di perpustakaan ini cukup kencang, sehingga pengunjung betah berlama – lama di perpustakaan. Selain itu, stop kontak disediakan oleh pengelola perpustakaan di sudut – sudut ruangan. Maka, pengunjung tidak perlu khawatir tidak bisa men-charge laptop maupun telepon genggam.

Pengunjung yang ingin menjadi anggota perpustakaan cukup mendaftar di informasi. Pendaftar cukup memberikan fotokopi identitas diri dan tanpa dipungut biaya. Salah satu keuntungan menjadi anggota perpustakaan adalah dapat meminjam buku.

Sayangnya, koleksi perpustakaan yang dapat dipinjam hanya perpustakaan umum dan perpustakaan anak. Bagi koleksi yang tidak dapat dipinjam, pengunjung dapat meminta staf untuk memfotokopikannya. Namun tidak semua koleksi bisa difotokopi, terutama koleksi langka. Hal ini karena beberapa koleksi akan rusak bila difotokopi.

“Semenjak ada perpustakaan ini mencari referensi jadi lebih mudah. Selain itu, suasananya juga santai serta dilengkapi fasilitas yang memadai,” ujar Rahmadani AG (18), mahasiswa baru Sekolah Tinggi Pariwisata Ammbarukkmo (Stipram) pada Senin, (18/07/16). “Harapan saya kedepannya, referensinya ditambah lagi agar pengunjung banyak yang tertarik,” tambahnya. Perpustakaan Grhatama Pustaka buka setiap hari pukul 08.30 – 22.00.

(krjogja.com)

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *