Home ::: Berita Perpustakaan ::: Setiap Desa di Kabupaten Ini Bakal Memiliki Perpustakaan
ilustrasi

Setiap Desa di Kabupaten Ini Bakal Memiliki Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Setiap Desa di Kabupaten Ini Bakal Memiliki Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mulai 2016 memprogramkan untuk membangun perpusatakaan di setiap desa. Hal ini dilakukan untuk  meningkatkan minat baca masyarakat khususnya siswa dan generasi muda di perdesaan.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Musirawas Supriyanto, Rabu (15/6) mengatakan pembangunan perpustakaan desa itu akan dibebankan pada anggaran dana desa 2016. Seluruh kepala desa setuju terkait hal tersebut.

Ia mengatakan tahap pertama ini akan dilakukan di dua kecamatan yaitu Terawas dan Purwodadi masing-masing lima desa yang telah mendapatkan anggaran dana desa 2016. Para kepala desa diminta mencari lokasi pembangunan perpustakaan di tempat strategis, sehingga mudah dijangkau dan diketahui masyarakat umum untuk dijadikan tempat berkumpul.

Dikutip dari sumber republika.co.id, [16/06/16]. “Untuk lokasi kami minta kepala desa memilih tempat yang strategis, jangan sampai salah memilih lokasi dan menyebabkan tidak efektif,” tuturnya.

Selain itu para kepala desa juga harus pintar dalam penyediaan buku bacaan untuk perpusatakaan tersebut, antara lain buku bacaan pertanian, teknologi tepat guna maupun buku untuk bacaan bagi kalangan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan para ibu
PKK desa.
Upaya untuk mengembangkan perpustakaan desa itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) setempat, agar para kepala desa dapat mengikuti studi banding keluar daerah.

Lokasi studi banding pengelolaan perpustakaan desa itu antara lain ke Yogjakarta sebelumnya akan dilatih di perpustakaan provinsi, sehingga pengelolaannya dapat berjalan sesuai program untuk mencerdaskan masyarakat desa.

“Untuk lokasi studi banding itu kita memilih daerah Yogjakarta, tepatnya desa yang perpustakaan telah mendapatkan juara ditingkat provinsi dan nasional,” katanya.

Dengan adanya perpustakaan desa itu, diharapkan dapat menarik dan menumbuh kembangkan minat baca bagi masyarakat, terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umumnya mencari informasi dan menjadi sumber ilmu bagi mereka masing-masing.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar